Hidayanti, Dini (2023) Hubungan pembiasaan ibadah di sekolah dengan akhlak siswa : Penelitian korelasional pada siswa SMPN 51 Bandung. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab I.pdf Download (442kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (390kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) |
Abstract
Penelitian ini berdasarkan studi pendahuluan di SMPN 51 Bandung, diperoleh informasi bahwa masih banyak siswa yang seringkali melanggar tata tertib sekolah serta terdapat siswa yang akhlaknya kurang baik. Hal ini bertolak belakang dengan tujuan pendidikan secara umum yaitu membentuk akhlak mulia dan karakter yang baik. maka dari itu seharusnya siswa memiliki akhlak yang baik. tetapi pada kenyataannya masih banyak siswa yang tidak disiplin dan melakukan perbuatan yang melanggar moral. Hal ini disebabkan berbagai faktor, salah satunya akibat dampak negatif dari penggunaan gadget. Untuk mengatasi hal ini sekolah telah mengadakan pembiasaan ibadah sebagai salah satu solusi perbaikan akhlak siswa. oleh karena itu perlu diteliti lebih lanjut mengenai hubungan pembiasaan ibadah dengan akhlak siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pembiasaan ibadah siswa SMPN 51 bandung, (2) Akhlak siswa SMPN 51 bandung, dan (3) Bagaimanakah hubungan pembiasaan ibadah di sekolah dengan akhlak siswa SMPN 51 Bandung. Penelitian ini berdasarkan teori Al-Ghazali bahwa akhlak atau moral seseorang dapat diperbaiki melalui pembiasaan ibadah yang konsisten dan terus –menerus. Selain itu, al-ghazali juga mengatakan bahwa ibadah dapat membersihan hati dan jiwa seseorang dari penyakit moral. Berdasarkan hal tersebut, maka hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan antara pembiasaan ibadah di sekolah dengan akhlak siswa SMPN 51 Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Responden merupakan siswa kelas VII, VII dan IX yang berjumlah 109 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji normalitas data, uji linearitas, uji kolerasi, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: (1) Pembiasaan ibadah di sekolah siswa SMPN 51 Bandung berada pada kategori sedang. Nilai rata-rata yang diperoleh adalah 63,39 berada pada interval 59,893 - 66,887, (2) Akhlak siswa SMPN 51 Bandung termasuk kategori cukup baik. nilai rata-rata yang diperoleh adalah 58,25 berada pada interval 55,397 - 61,117, dan (3) Terdapat korelasi yang kuat antara pembiasaan ibadah dengan akhlak siswa. hal ini berdasar hasil nilai Pearson Correlation sebesar 0,627 yang berada pada skala 0,60 – 0,799. Pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 39 % dan sisanya 60,7% di pengaruhi oleh faktor lain. Dari perhitungan uji hipotesis dapat diketahui nilai rhitung 0,627 > dari rtabel 0,1882. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembiasaan Ibadah; Akhlak Siswa |
Subjects: | Christianity > Education, Research Islam Islam > Islamic Religious Education Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Ibadah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dini Hiday Dini Hidayanti |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 04:38 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 04:38 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71643 |
Actions (login required)
View Item |