Bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dalam meningkatkan minat belajar siswa : Penelitian di Sekolah Berbasis Pesantren, SMP Terpadu Ar-Risalah Ciamis.

Syarifah, Irfa Laila (2023) Bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dalam meningkatkan minat belajar siswa : Penelitian di Sekolah Berbasis Pesantren, SMP Terpadu Ar-Risalah Ciamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy

Abstract

Dalam sebuah lembaga pendidikan yang terdiri dari banyak siswa tentunya memiliki berbagai macam persoalan yang dihadapi. Salah satu persoalan yang sering ditemukan di setiap sekolah adalah persoalan penurunan minat belajar siswa. Di Indonesia sendiri banyak ditemukan terjadinya penurunan minat belajar bahkan sampai mengakibatkan putus sekolah di kalangan anak usia remaja. Sama halnya dengan sekolah pada umumnya, di SMP Terpadu Ar-Risalah Ciamis juga terdapat permasalahan penurunan minat belajar. Penurunan minat belajar siswa di SMP Terpadu Ar-Risalah Ciamis ditandai dengan kurangnya semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran. Persoalan turunnya minat belajar dirasa penting untuk diteliti dan segera ditemukan cara untuk mengatasinya sejak dini. Hal ini dikarenakan minat belajar akan berpengaruh besar pada kebiasaan dan gaya belajar siswa ke depannya. Minat belajar pada siswa perlu ditingkatkan agar siswa menyadari kebutuhannya terhadap ilmu. Berbagai upaya dapat dilakukan khususnya oleh guru BK untuk mengatasi permasalahan minat belajar pada siswa, salah satunya yaitu melalui bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Terdapat tujuan yang mendasari penelitian ini, yaitu: 1) Untuk mengetahui kondisi siswa terhadap minat belajar sebelum dilakukan bimbingan di SMP Terpadu Ar-Risalah Ciamis; 2) Untuk menganalisis proses kegiatan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik sosiodrama dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMP Terpadu Ar-Risalah Ciamis; dan 3) Untuk mengetahui hasil dari kegiatan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik sosiodrama dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMP Terpadu Ar-Risalah Ciamis. Dalam penelitian ini didasari oleh konsep bimbingan kelompok yang berupaya untuk memberikan bantuan kepada individu yang sedang mengalami suatu permasalahan yang berkaitan dengan minat belajar melalui sebuah kelompok yang dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan. Untuk memecahkan permasalahan-permasalahan siswa tersebut, penelitian ini menggunakan teknik sosiodrama agar siswa dapat mengikuti kegiatan bimbingan kelompok dengan antusias yang tinggi sehingga terbentuk dinamika dalam kelompok serta tujuan dari kegiatan bimbingan pun dapat tercapai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perubahan pada minat belajar siswa. Siswa menjadi lebih menyadari akan kebutuhannya terhadap belajar, mereka terlihat lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Setelah dilakukan bimbingan, jarang ditemukan siswa yang tertidur di dalam kelas atau mengobrol saat kegiatan pembelajaran sedang berlangsung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok; Sosiodrama; Minat Belajar;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Irfa Laila Syarifah
Date Deposited: 20 Jul 2023 07:21
Last Modified: 20 Jul 2023 07:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71645

Actions (login required)

View Item View Item