Pengaruh Gross Profit Margin (GPM) dan Total Asset Turnover (TATO) terhadap Return On Asset (ROA) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk. periode 2012-2022

Suherman, Rima Zahra (2023) Pengaruh Gross Profit Margin (GPM) dan Total Asset Turnover (TATO) terhadap Return On Asset (ROA) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk. periode 2012-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh persaingan perusahaan yang semakin semakin meningkat. Profitabilitas menjadi tolak ukur untuk menggambarkan besaran keuntungan yang akan didapat dari menanamkan hartanya di suatu perusahaan yang tercermin dalam Return On Asset. Ada beberapa faktor yang memprngaruhi Return On Asset (ROA) diantaranya yaitu Perputaran Total Asset (TATO) dan Gross Profit Margin (GPM) Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Gross Profit Margin secara parsial terhadap Return On Asset, pengaruh Total Asset Turnover secara parsial terhadap Return On Asset, dan pengaruh Gross Profit Margin dan Total Asset Turnover secara simultan terhadap Return On Asset pada PT. Wijaya Karya Tbk. Periode 2012-2022. Penelitian ini mempunyai kerangka berfikir yang menggambarkan adanya hubungan saling pengaruh terhadap Gross Profit Margin dan Total Asset Turnover terhadap Return On Asset. Namun Return On Asset dapat dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif verifikatif. Data yang digunakan yaitu data sekunder runtutan waktu (time series) yang diperoleh dari annual report PT. Wijaya Karya Tbk. Periode 2012-2022. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana maupun regresi berganda, koefisien determinasi, dan analisis hipotesis yaitu uji signifikansi parsial (uji t) dan uji simultan (uji F). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Gross Profit Margin (GPM) di PT.Wijaya Karya (Persero) Tbk secara parsial berpengaruh terhadap Return On Asset (ROA) diperoleh perbandingan koefisien determinasi sebesar 38,3%. Hal ini membuktikan bahwa perlakuan nisbah mudharabah yang ada sudah sesuai dengan prinsip manajemen keuangan syariah (2) Total Asset Turn Over (TATO) di PT.Wijaya Karya (Persero) Tbk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA) diperoleh perbandingan koefisien determinasi sebesar 66,1%. Hal ini membuktikan bahwa perlakuan nisbah murabahah yang ada sudah sesuai dengan prinsip manajemen keuangan ,(3) Gross Profit Margin (GPM) dan Total Asset Turn Over (TATO) di PT.Wijaya Karya (Persero) Tbk secara simultan berpengaruh terhadap Return On Asset (ROA) diperoleh perbandingan koefisien determinasi sebesar 70,7%. Hal ini membuktikan bahwa perlakuan nisbah murabahah yang ada sudah sesuai dengan prinsip manajemen keuangan syariah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Gross Profit Margin ; Total Asset Turn Over; Return On Asset;
Subjects: General Management > Management for Enterprises
General Management > Management of Investment, Capitalization
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Rima Zahra Suherman
Date Deposited: 20 Jul 2023 04:28
Last Modified: 20 Jul 2023 04:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71647

Actions (login required)

View Item View Item