Pengaruh Debt To Asset Ratio (DAR) dan Total Asset Turnover (TATO) terhadap Price To Book Value (PBV) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) : Studi PT. Jasa Marga (Persero) Tbk. periode 2012-2021

Rahayu, Gina Sintia (2023) Pengaruh Debt To Asset Ratio (DAR) dan Total Asset Turnover (TATO) terhadap Price To Book Value (PBV) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) : Studi PT. Jasa Marga (Persero) Tbk. periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy

Abstract

Penilitian ini di latarbelakangi oleh asumsi teori Debt To Asset Ratio (DAR) yang kecil mencerminkan Price To Book Value (PBV) yang tinggi dan Total Asset Turnover (TATO) yang besar mencerminkan Price To Book Value (PBV) yang tinggi. Masalah yang akan muncul apabila Debt To Asset Ratio (DAR) mengalami peningkatan tetapi Price To Book Value (PBV) mengalami peningkatan dan Total Asset Turnover (TATO) yang menurun tetapi Price To Book Value (PBV) meningkat begitupun sebaliknya, seperti yang terjadi pada PT. Jasa Marga (Persero) Tbk. periode 2012-2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Debt To Asset Ratio (DAR) secara parsial terhadap Price To Book Value (PBV), Pengaruh Total Asset Turnover (TATO) secara parsial terhadap Price To Book Value (PBV), dan pengaruh Debt To Asset Ratio (DAR) dan Total Asset Turnover (TATO) secara simultan terhadap Price To Book Value (PBV) yang diteliti pada PT. Jasa Marga (Persero) Tbk. Periode 2012-2021. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada beberapa pendapat ahli keuangan dan hasil penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa semakin rendah Debt To Asset Ratio (DAR) maka Price To Book Value (PBV) semakin tinggi dan semakin tinggi Total Asset Turnover (TATO) maka Price To Book Value (PBV) semakin tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini analisis dekriptif dengan pendekatan kuantitaif. Sumber data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari publikasi laporan keuangan PT. Jasa Marga (Persero) Tbk. periode 2012-2021. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji asosiatif dan uji signifikansi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) secara parsial Debt To Asset Ratio (DAR) terbukti berpengaruh signifikan terhadap Price To Book Value (PBV) dengan nilai perbandingan thitung dengan ttabel yaitu -3,626 > 2,306. (2) Secara parsial Total Asset Turnover (TATO) terhadap Price To Book Value (PBV) terbukti tidak berpengaruh signifikan terhadap Price To Book Value (PBV) dengan nilai perbandingan thitung dengan ttabel yaitu 1,110 < 2,306. (3) Secara simultan bahwa Debt To Asset Ratio (DAR) dan Total Asset Turnover (TATO) terhadap Price To Book Value (PBV) berpengaruh signifikan dengan nilai perbandingan Fhitung dengan Ftabel yaitu 7,121 > 4,74.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Debt To Asset Ratio (DAR); Total Asset Turnover (TATO); Price To Book Value (PBV);
Subjects: Islam
Islam > Islam and Economics
Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Gina Sintia Rahayu
Date Deposited: 20 Jul 2023 06:21
Last Modified: 20 Jul 2023 06:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71659

Actions (login required)

View Item View Item