Syarifah, Sherina Zakiyah (2023) Manajemen strategi pondok pesantren dalam meningkatkan Entrepreneurship santri : Studi deskriptif di Pondok Pesantren Al-Basyariyah Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (306kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (665kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) | Request a copy |
Abstract
Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang sudah ada sejak lama di Indonesia, Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan memiliki potensi yang besar dalam meningkatkan nilai-nilai ajaran islam yang memusatkan terhadap pembentukkan karakter dan pembiasaan diri menjadi seorang pemimpin. Seiring berkembangnya zaman pesantren dinilai cocok dan memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan dan menerapkan program Entrepreneurship untuk meningkatkan kewirausahaan pondok dan untuk membentuk mental santri. Saat ini Pondok pesantren memiliki tantangan global dan teknologi tersendiri karena kurangnya manajemen strategi yang diterapkan di Pondok Pesantren. Agar pelaksanaan program kewirausahaan dilaksanakan dengan baik, maka pondok pesantren dianggap perlu untuk menerapkan manajemen strategi pondok pesantren yang mana didalamnya terdapat beberapa tahapan seperti formulasi strategi, implementasi stategi, dan evaluasi strategi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen strategi yang diterapkan di pondok pesantren Al-Basyariyah Bandung dalam meningkatkan Entrepreneurship Santri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi yang dibutuhkan di Pondok Pesantren Al-Basyariyah. Konsep teori dalam penelitian ini menggunakan teori Tahapan Manajemen Strategi menurut Fred R. David yang menjelaskan bahwa proses manajemen strategi terdiri dari tiga tahapan yaitu Formulasi Strategi, Implementasi Strategi, dan Evaluasi Strategi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa manajemen strategi untuk meningkatkan Entrepreneurship santri yang dilakukan Pondok Pesantren Al-Basyariyah meliputi formulasi strategi seperti membuat perencanaan visi dan misi; membuat analisis lingkungan untuk mengetahui kekuatan, kekurangan, ancaman, dan potensi yang dimiliki pondok; memilih strategi utama. Lalu pada tahapan implementasi strategi pondok membuat tujuan tahunan dan kebijakan program; mengembangkan Sumber Daya Manusia baik itu santri atau pekerja dari luar; memberikan motivasi kepada karyawannya; dan pondok memberikan berbagai macam pelatihan untuk menambah kompetensi santri. Selanjutnya Pondok melakukan monitoring atau pengawasan pada program kewirausahaan setiap harinya, dan melakukan evaluasi setiap bulannya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Strategi; Pondok Pesantren; Entrepreneurship. |
Subjects: | General Management General Management > Management for Enterprises |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Sherina zakiyah syarifah |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 06:37 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 06:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71660 |
Actions (login required)
View Item |