Pengaruh Stock Price (SP) dan Net Income (NI) terhadap Price to Book Value (PBV) pada pt. panin financial tbk yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI)

Madari, Firyal Takila (2023) Pengaruh Stock Price (SP) dan Net Income (NI) terhadap Price to Book Value (PBV) pada pt. panin financial tbk yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (238kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)

Abstract

Nilai perusahaan atau valuasi perusahaan yang menjadi ukuran penting dalam menentukan harga perusahan saat dibeli atau dijual yang disebut dengan Price to Book Value (PBV) karena dengan mengetahui Price to Book Value (PBV) para investor akan mengetahui penilaian yang akurat mengenai harga nilai perusahaan Price to Book Value (PBV). Hal yang mempengaruhi Price to Book Value (PBV) salah satunya yaitu harga saham perusahaan Stock Price (SP) dan laba bersih perusahaan Net Income (NI) dalam analisis keuangan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Stock Price (SP) secara parsial terhadap Price to Book Value (PBV), pengaruh Net Income (NI) secara parsial terhadap Price to Book Value (PBV) dan pengaruh Stock Price (SP), Net Income (NI) secara simultan terhadap Price to Book Value (PBV) Pada PT Panin Financial Tbk, Periode 2013-2022. Kerangka Pemikiran penelitian adanya hubungan antara Stock Price (SP) dan Net Income (NI) terhadap Price to Book Value (PBV). Karena harga saham Stock Price (SP) dan laba bersih Net Income (NI) merupakan faktor kunci yang dapat mempengaruhi penilaian pasar terhadap nilai perusahaan. Memahami hubungan antara variabel ini akan membantu investor, analis, dan manajemen perusahaan dalam mengambil keputusan investasi yang lebih baik. Metode dalam penelitian ini yaitu dengan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan yang dipublikasi PT. Panin Financial Tbk. Periode 2013-2022. Teknik analisis pada penelitian ini adalah Uji Asumsi Klasik, Analisis Deskriptif, Analisis Regresi Linier (Sederhana dan Berganda). Analisis Korelasi pearson product moment (PPM), Analisis Koefisien Determinasi, dan analisis Hipotesis (Uji T dan F) dan Adapun pengolahan data menggunakan SPSS For Windows Version 29.0 Hasil penelitian menunjukan bahwa Stock Price (SP) secara parsial tidak berpengaruh positif terhadap Price to Book Value (PBV) dengan koefisien determinasi 23,53% Dan pada hal yang sama Net Income (NI) secara parsial tidak berpengaruh positif terhadap Price to Book Value (PBV) dengan koefisiensi determinasi 6,54%. Sedangkan Stock Price (SP) dan Net Income (NI) berpengaruh positif terhadap Price to Book Value (PBV) dengan nilai koefisiensi determinasi 70,24%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Stock Price (SP); Net Income; dan Price to Book Value (PBV);
Subjects: Islam
Islam > Islam and Economics
Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Takila Madari Firyal
Date Deposited: 20 Jul 2023 07:54
Last Modified: 20 Jul 2023 07:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71701

Actions (login required)

View Item View Item