Pengaruh Inventory Turnover Ratio (ITR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Investment (ROI) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) : Studi pada PT. ACE Hardware Indonesia, Tbk. periode 2011-2021

Alkaribi, Muhammad Sulthan Agus (2023) Pengaruh Inventory Turnover Ratio (ITR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Investment (ROI) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) : Studi pada PT. ACE Hardware Indonesia, Tbk. periode 2011-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (259kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang muncul ketika Inventory Turnover Ratio (ITR) meningkat dan Debt to Equity Ratio (DER) menurun tetapi Return On Investment (ROI) mengalami penurunan begitupun sebaliknya, seperti yang terjadi pada PT. ACE Hardware Tbk. Periode 2011-2021. Inventory Turnover Ratio (ITR) besar dan Debt ito Equity Ratio (DER) yang kecil seharusnya mencerminkan Return On Investment (ROI) yang dimiliki akan besar. Penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh Inventory Turnover Ratio (ITR) secara parsial terhadap Return On Investment (ROI), Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER). Dan pengaruh Inventory Turnover Ratio (ITR) dan Debt to Equity Ratio (DER) secara simultan terhadap Return On Investment (ROI) yang diteliti pada PT. ACE Hardware Indonesia Tbk. Periode 2011-2021. Kerangka teori yang dipakai dalam penelitian ini merujuk kepada beberapa pendapat para ahli keuangan dan hasil dari penelitian sebelumnya menjelaskan bahwa semakin tinggi Inventory Turnover Ratio (ITR) dan semakin rendah Debt to Equity Ratio (DER) maka Return On Investment (ROI) akan meningkat. Metode Penelitian yang dipakai pada penelitian, yaitu metode deskriptif verifikatif dalam pendekatan kuantitatif. Sumber data yang dipakai dalam penelitian ini adalah data sekunder yang didapat dari publikasi laporan keuangan PT. ACE Hardware Indonesia Tbk. Periode 2011-2021. Metode analisis data yang dipakai yaitu analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji asosiatif, dan uji signifikansi. Hasil dari penelitian menunjukan (1) Inventory Turnover Ratio (ITR) secara parsial terbukti berpengaruh tidak signifikan terhadap Return On Investment (ROI) dengan nilai perbandingan thitung dengan ttabel yaitu (1,667 < 2,262), hal ini menunjukan kesesuaian antara teori penelitian dengan teori akad Murabahah dari Manajemen Keuangan Syariah. (2) Secara parsial Debt to Equity Ratio (DER) terbukti berpengaruh tidak signifikan terhadap Return On Investment (ROI) dengan nilai perbandingan thitung dengan ttabel yaitu (-3,264 < 2,262), hal ini menunjukan kesesuaian antara teori penelitian dengan teori akad Qardh dari Manajemen Keuangan Syariah. (3) Secara simultan bahwa Inventory Turnover Ratio (ITR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Investment (ROI) terbukti berpengaruh signifikan terhadap Return On Investment (ROI) dengan nilai perbandingan thitung dengan ttabel yaitu (4,739 > 4,46), hal ini menunjukan kesesuaian antara teori penelitian dengan teori akad Murbahah dari Manajemen Keuangan Syariah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Inventory Turnover Ratio (ITR); Debt to Equity Ratio (DER);Return On Investment (ROI)
Subjects: Accounting
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Muhammad Sulthan Agus Alkaribi
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:35
Last Modified: 24 Jul 2023 07:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71719

Actions (login required)

View Item View Item