Penafsiran ayat-ayat tentang toleransi beragama dalam tafsir Lūbab At-Ta’wīl karya Al-Khazin

Lativa, Hilda (2023) Penafsiran ayat-ayat tentang toleransi beragama dalam tafsir Lūbab At-Ta’wīl karya Al-Khazin. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (587kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (884kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (921kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai Penafsiran Ayat-Ayat Tentang Toleransi Beragama dalam Tafsir Lūbab At-Ta’wīl Karya Al-Khazin. Islam adalah agama yang Rahmatan lil Alamin, membawa kedamaian antar sesama manusia, Toleransi beragama merupakan awal dari penerapan bentuk sikap yang bisa menerima perbedaan dalam lingkup keberagaman, sebagaimana Nabi Muhammad Saw. dalam menerapkan toleransi beragama di tengah –tengah kehidupan yang marak dengan keberagaman pada masa jahiliyah. Kemudian seperti apa pemahaman yang benar mengenai toleransi beragama itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan secara mendalam mengenai seperti apa toleransi beragama Nabi Muhammad Saw. lalu penafsiran ayat-ayat tentang toleransi beragama dalam tafsir Lubab At-Ta’wil Fi Ma’ānī At-Tanzīl karya Al-Khazin. Untuk melakukan penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian yang bersifat library research dengan menggunakan metode penelitian deskriptif analisis. Berdasarkan data yang diperoleh dalam penelitian ini, maka sumber datanya diambil dari kitab Tafsir Lūbab At-Ta’wīl Fi Ma’ānī At-Tanzīl buah karya dari Al-Khazin sebagai sumber data primer dalam penelitian ini dan sumber data sekundernya adalah seperti tafsir Kementrian Agama, Tafsir Al-Misbah, dan Tafsir Sayyid Quthb, serta buku- buku, jurnal dan karya ilmiah lainnya yang mempunyai kesesuaian dengan judul penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh penulis mengenai penafsiran Al-Khazin tentang ayat-ayat toleransi beragama dalam kitab tafsir Lubab At-Ta’wil Fi Ma’ānī At-Tanzīl adalah, bahwa dalam Q.S Al-Baqarah 256 menjelaskan mengenai kebebasan dalam memilih keyakinan, Q.S Al-Kafirun 1-6 menjelaskan tentang kebebasan dalam menjalankan ajaran agama, Q.S Al-Hajj menjelaskan tentang saling menghormati agama, dan Q.S Al-Mumtahanah 8-9 menjelaskan tentang berlaku adil terhadap sesama manusia. Sehingga dapat dipahami pengertian mengenai toleransi beragama itu sendiri melalui penerapan toleransi beragama yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Saw.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penafsiran ayat-ayat; Toleransi Beragama; Al-Khazin
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Asbabun Nuzul
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Hilda Lativa
Date Deposited: 21 Jul 2023 01:33
Last Modified: 21 Jul 2023 01:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71724

Actions (login required)

View Item View Item