Pengaruh Net Working Capital (NWC) dan Current Ratio (CR) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index : Studi pada PT Multifiling Mitra Indonesia Tbk. periode 2012-2022

Mardiana, Nia (2023) Pengaruh Net Working Capital (NWC) dan Current Ratio (CR) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index : Studi pada PT Multifiling Mitra Indonesia Tbk. periode 2012-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (46kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.docx

Download (119kB)
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (230kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidaksesuaian antara teori dan kenyataan data mengenai perkembangan Net Working Capital (NWC), Current Ratio (CR) dan Return On Equity (ROE) yang mengalami naik turun atau fluktuatif pada periode tahun tertentu. Net Working Capital (NWC) atau modal kerja bersih pada setiap tambahan modal belum tentu mempertinggi tingkat rentabilitas akan tetapi setiap tambahan modal selalu mempunyai efek dapat menakan atau menurunkan rentabilitas tersebut. Current Ratio (CR) yang tinggi mengidentifikasikan adanya dana yang menganggur, banyaknya persediaan melebihi kebutuhan, dan manajemen tidak dapat menggunakan aktiva lancar dengan efektif dan efisien sehingga dapat memperkecil kemampuan perusahaan dalam menghasilkan Return On Equity (ROE). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Net Working Capital (NWC) secara parsial terhadap Return On Equity (ROE), bagaimana pengaruh Current Ratio (CR) secara parsial terhadap Return On Equity (ROE), serta untuk mengetahui bagaimana pengaruh Net Working Capital (NWC) dan Current Ratio (CR) secara simultan terhadap Return On Equity (ROE) pada PT. Multifiling Mitra Indoineisia Tbk. Periode 2012-2022. Kerangka teori penelitian didasarkan pada teori yang menyatakan bahwa Net Working Capital (NWC) berpengaruh positif terhadap Return On Equity (ROE) artinya Net Working Capital (NWC) mempunyai efek pada suatu keadaan tertentu dapat menaikan rentabilitas modal sendiri dan Current Ratio (CR) berpengaruh negatif terhadap Return On Equity (ROE) artinya Current Ratio (CR) yang tinggi akan menghasilkan return yang lebih rendah. Metodologi penelitian yang digunakan penulis yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang berupa laporan keuangan pada website resmi PT. Multifiling Mitra Indonesia Tbk. periode 2012-2022 www.mmi.co.id. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana maupun regresi berganda, korelasi sederhana maupun korelasi berganda, koefisien determinasi, dan analisis hipotesis yaitu uji signifikansi parsial (uji t) dan uji simultan (uji F).Hasil penelitian menunjukkan bahwa secaara parsial Net Working Capital (NWC) berpengaruh positif signifikan terhadap Return On Equity (ROE) diperoleh koefisien determinasi sebesar 83,5%. Current Ratio (CR) secara parsial berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Return On Equity (ROE) dengan koefisien determinasi sebesar 9,9%. Net Working Capital (NWC) dan Current Ratio (CR) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Return On Equity (ROE) dengan koefisien determinasi sebesar 92%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Net Working Capital (NWC); Current Ratio (CR); Return On Equity (ROE);
Subjects: Financial Economics, Finance
Accounting
General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Mardiana Nia
Date Deposited: 21 Jul 2023 03:03
Last Modified: 21 Jul 2023 03:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71738

Actions (login required)

View Item View Item