Studi komparatif kualitas pelayanan publik pada Puskesmas Cinunuk dan Puskesmas Cileunyi

Shafira, Keysha Sifa (2023) Studi komparatif kualitas pelayanan publik pada Puskesmas Cinunuk dan Puskesmas Cileunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (527kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (738kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy

Abstract

Puskesmas berperan sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang melakukan Upaya Kesehatan Masyarakat di tingkat Kabupaten/Kota. Puskesmas merupakan unit pelayanan kesehatan yang paling utama atau primer bagi masyarakat karena puskesmas yang harus berada paling depan dengan kesiapsiagaannya untuk memberikan pertolongan pertama kepada seluruh masyarakat setempat di wilayah kerjanya. Terdapat perbedaan hasil survey kepuasan masyarakat di Puskesmas Cinunuk dan Puskesmas Cileunyi yang menunjukkan bahwa masyarakat dinilai belum puas dengan pelayanan di puskesmas. Hal tersebut didukung oleh perbedaan jumlah tenaga kesehatan, jumlah penduduk, dan jumlah pengunjung, untuk membuktikan adanya perbedaan dalam kualitas pelayanan publik pada kedua puskesmas diperlukan penelitian lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kualitas pelayanan publik di Puskesmas Cinunuk dan Puskesmas Cileunyi. Penelitian ini merupakan studi komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan metode kuesioner yang dibagikan kepada para responden sebagai sampel. Sampel yang digunakan peneliti berjumlah 196 responden yang terdiri dari 98 responden dari Puskesmas Cinunuk dan 98 responden dari Puskesmas Cileunyi. Teknik analisa yang digunakan melalui uji normalitas, uji varians, dan uji T dua sampel. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil uji validitas dan reliabilitas yang menunjukkan bahwa seluruh data yang diperoleh peneliti valid dan reliabel dengan nilai r tabel 0,1671. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan di Puskesmas Cinunuk termasuk kategori Baik. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai skor setiap indikator yaitu 3,1 sampai 3,25 dan masuk pada kategori puas dalam interval 2,5 – 3,25. Dan untuk kualitas pelayanan Puskesmas Cileunyi termasuk kategori Sangat Baik. Hal ini dibuktikan dari nilai skor setiap indikator yaitu 3,25 sampai 3,35 yang termasuk dalam kategori sangat puas terdapat pada interval 3,25 – 4. Berdasarkan hasil analisis uji t dua sampel (uji beda) menghasilkan nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,049. Dikarenakan nilai sig tersebut <0,05 (lebih kecil dari 0,05) artinya hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan antara kualitas pelayanan di Puskesmas Cinunuk dan Puskesmas Cileunyi dengan nilai rata-rata kualitas pelayanan yang lebih tinggi di Puskesmas Cileunyi dengan nilai 66,37 dan nilai rata-rata kualitas pelayanan di Puskesmas Cinunuk sebesar 63,96 maka (66,37>63,96). Hal ini didukung oleh rata-rata jawaban responden di Puskesmas Cileunyi yang dipersepsikan dominan dengan jawaban sangat setuju. Artinya kualitas pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas Cileunyi dinilai lebih tinggi jika dibandingkan dengan Puskesmas Cinunuk.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik; Kualitas Pelayanan Kesehatan; Puskesmas; Puskesmas Cinunuk; Puskesmas Cileunyi
Subjects: Public Administration
Specific Field of Public Administration > Administration of Health Services
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Keysha Sifa Shafira
Date Deposited: 25 Jul 2023 00:47
Last Modified: 25 Jul 2023 00:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71756

Actions (login required)

View Item View Item