Rahayu, Wulansari Fitria (2023) Pengaruh model pembelajaran RADEC menggunakan media Nearpod terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi sistem ekskresi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (419kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (515kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (579kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (949kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (962kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan berpikir kreatif merupakan keterampilan yang harus dikuasai siswa pada pendidikan abad 21. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran RADEC menggunakan media nearpod terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian menggunakan metode campuran (mix methods) dengan desain Embedded. Perangkat penelitian berupa RPP dengan instrumen penelitian: lembar observasi keterlaksanaan, soal uraian terbatas dengan indikator keterampilan berpikir kreatif dan angket kendala siswa. Penelitian dilakukan disalah satu SMP Negeri dikota Bandung. Sampel penelitian terdiri atas 35 siswa di kelas eksperimen dan 36 siswa di kelas reguler melalui teknik purposive sampling. Keterlaksanaan aktivitas siswa dan guru mencapai kriteria sangat baik. Keterampilan berpikir kreatif mengalami peningkatan yakni di kelas eksperimen diperoleh rata-rata posttest sebesar 82,30 sedangkan pada kelas reguler diperoleh rata-rata posttest sebesar 73,00. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai 0,003 < 1,96 (H1 diterima) menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi sistem ekskresi. Hasil pengujian effect size diperoleh skor 0,713 yang menunjukkan kategori sedang. Sebesar 60% siswa mengalami kendala yaitu jaringan yang kurang stabil dalam mengakses media nearpod serta 20% siswa masih kurangnya rasa percaya diri. Model pembelajaran RADEC sebagai alternatif model pembelajaran yang inovatif untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kreatif pada siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan bepikir kreatif; Model RADEC; Sistem ekskresi |
Subjects: | Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Wulansari Fitria Rahayu |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 04:42 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 04:42 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71775 |
Actions (login required)
View Item |