Bimbingan Islami untuk membangun Akhlak Mahmudah anak usia dini : Penelitian di TAAM Lidzikri Jl. Babakan Wadana Gg. H. Abdul Majid Cipamokolan Rancasari Bandung

Maria, Nita (2022) Bimbingan Islami untuk membangun Akhlak Mahmudah anak usia dini : Penelitian di TAAM Lidzikri Jl. Babakan Wadana Gg. H. Abdul Majid Cipamokolan Rancasari Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (240kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy

Abstract

Menurut Imam Al-Ghozali dalam kitab Ihya’ yang dikutip oleh Samsul Munir (2016) menyatakan bahwa akhlak merupakan sifat atau hay’at yang tertanam didalam jiwa seseorang dan lahirnya perbuatan-perbuatan yang naluriah terjadi dengan sendirinya tanpa adanya pertimbangan dan pemikiran. Untuk membentuk suatu akhlak mahmudah tentunya diperlukan penanaman/pembiasaan pada diri anak sejak usia dini karena pada usia tersebut anak lebih mudah menyerap bimbingan yang diterimanya. Oleh karena itu diperlukan suatu bentuk bimbingan pada anak agar akhlak mahmudah tersebut dapat terbentuk secara optimal. Dalam menghadapi hal ini, TAAM Lidzikri mengaplikasikan bimbingan Islami sebagai upaya untuk membangun akhlak mahmudah siswa-siswanya. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Seperti apa program bimbingan islami yang berlangsung di TAAM Lidzikri, (2)Bagaimana pelaksanaan bimbingan islami di TAAM Lidzikri, dan (3)Bagaimana hasil dari bimbingan islami tersebut pada pembangunan akhlak mahmudah anak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan hasil bahwa TAAM Lidzikri membimbing siswanya dengan bimbingan Islami sesuai dengan landasan pendidikannya, tujuan program ini adalah untuk membangun akhlak mahmudah anak dengan sasaran siswa usia dini yang dilaksanakan melalui beberapa metode, yaitu metode Collaborative discovery, , imaginative art experience, outstanding aptitude, understanding stories, role playing, dan games. dengan pemberian materi yang dapat membangun akhlak mahmudah anak. Bimbingan Islami pada siswa TAAM Lidzikri ini menunjukkan hasil terbentuknya akhlak mahmudah pada siswa-siswanya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Program; bimbingan Islam; akhlak mahmudah
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Character Development
Differential and Developmental Psychology > Child Psychology
Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Nita Maria
Date Deposited: 18 Aug 2023 06:14
Last Modified: 18 Aug 2023 06:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71778

Actions (login required)

View Item View Item