Efektivitas program Gerakan Dorong Realisasi Investasi Dalam Negeri (GEDORAN) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Barat

Ramadani, Alia Gita (2023) Efektivitas program Gerakan Dorong Realisasi Investasi Dalam Negeri (GEDORAN) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (850kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy

Abstract

Provinsi Jawa Barat selalu unggul dalam hal jumlah proyek dan realisasi PMA dan PMDN pada tahun 2020-2022. Realisasi investasi Provinsi Jawa Barat Tahun 2022 berhasil melampaui target realisasi investasi sebesar Rp. 174,58 Triliun. Nilai realisasi investasi dapat dilihat melalui laporan kegiatan penanaman modal yang dilaporkan pelaku usaha sebagai bagian dari kewajibannya sebagaimana yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007 mengenai kewajiban setiap penanam modal untuk menyampaikan LKPM kepada Badan Koordinasi Penanaman Modal. Berdasarkan observasi awal peneliti menemukan bahwa capaian nilai realisasi investasi PMDN lebih rendah daripada PMA. Maka dari itu Dinas PMPTSP melaksanakan Program GEDORAN untuk meningkatkan nilai realisasi investasi dalam negeri. Berdasarkan pemaparan tersebut, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana efektivitas program Gerakan Dorong Realisasi Investasi Dalam Negeri (GEDORAN) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini mengacu kepada teori menurut (Kettner et al., 2017) yang terdiri dari lima dimensi diantaranya effort (upaya), cost-efficiency (efisiensi biaya), result (hasil), cost-effectiveness (efektivitas biaya), dan impact (dampak). Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui empat teknik yaitu observasi kualitatif, wawancara kualitatif, dokumen kualitatif dan audio-visual kualitatif. Selanjutnya data dioleh menggunakan prosedur analisis data menurut (Creswell & Creswell, 2017) yaitu sebagai berikut; mengolah dan mempersiapkan data untuk kemudian dianalisis, membaca keseluruhan data, menganalisis lebih detail dengan melakukan koding data, menerapkan proses koding untuk mendeskripsikan kategori, penyajian Informasi, penarikan kesimpulan melalui interpretasi data. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas program GEDORAN di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Barat telah efektif karena memenuhi seluruh kriteria penilaian efektivitas menurut (Kettner et al., 2017), namun masih terdapat beberapa indikator pada beberapa dimensi yang pelaksanannya belum maksimal seperti pada indikator pelayanan yang berkualitas pada dimensi effort (upaya) sumberdaya manusia dan sarana prasarana yang belum mampu mengakomodir seluruh kegiatan program, dan indikator biaya pada dimensi cost-efficiency (efisiensi biaya) yang jumlah biayanya belum sebanding dengan target yang harus di capai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Program; LKPM; OSS-RBA; Dinas PMPTSP
Subjects: Public Administration
Public Administration > Public Administration in Specific Localities
Specific Field of Public Administration
Specific Field of Public Administration > Administration of Services to Domestic Order
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Alia Gita Ramadani
Date Deposited: 21 Jul 2023 03:36
Last Modified: 21 Jul 2023 03:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71798

Actions (login required)

View Item View Item