Hubungan antara bermain melalui media Pasir Kinetik dengan kemampuan mengenal angka pada anak : Penelitian di kelompok A RA Atta’awwun Bandung

Rosyada, Izza Amrina (2023) Hubungan antara bermain melalui media Pasir Kinetik dengan kemampuan mengenal angka pada anak : Penelitian di kelompok A RA Atta’awwun Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesenjangan antara tingginya bermain melalui media pasir kinetik dengan rendahnya kemampuan mengenal angka pada anak. Hal ini terlihat bahwa anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan bermain melalui media pasir kinetik, anak terlihat senang dan bersemangat, anak juga mengikuti kegiatan bermain pasir kinetik dari awal sampai akhir. Namun di sisi lain kemampuan mengenal angka pada anak masih rendah. Hal tersebut dilihat dari anak yang belum mampu menyebutkan lambang bilangan, belum bisa menghubungkan gambar dengan jumlah angkanya, dan belum mampu mengurutkan bilangan 1-10. Hasil analisis menunjukkan bahwa bermain melalui media pasir kinetik diperoleh nilai rata-rata 65. Angka tersebut berada pada interval 60-69 dengan katagori cukup. Sedangkan, kemampuan mengenal angka pada anak diperoleh nilai rata- rata sebesar 83. Angka tersebut berada pada interval 80 -100 dengan katagori sangat baik. Hubungan antara bermain melalui media pasir kinetik dengan kemampuan mengenal angka pada anak diperoleh angka koefisien korelasi melalui rumus Spearman Rank sebesar 0,577. Angka koefisien korelasi ini termasuk pada katagori cukup kuat karena berada pada interval 0,400 – 0,599. Hasil uji signifikansi diperoleh thitung = 2,996 dan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan db = 18 sebesar 2,101, karena thitung = 2,996 > ttabel = 2,101. Artinya Ho (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Dengan kata lain, bermain melalui media pasir kinetik memiliki hubungan positif dan signifikan dengan kemampuan mengenal angka pada anak. Selain itu, bermain melalui media pasir kinetik memberikan kontribusi atau pengaruh terhadap kemampuan mengenal angka pada anak di Kelompok A RA Atta’awun Bandung sebesar 33,3%. Sedangkan sisanya yaitu 66,7% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pasir kinetik; kemampuan mengenal angka; anak usia dini
Subjects: Psychology > Education of Psychology
Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Izza Amrina Rosyada
Date Deposited: 21 Jul 2023 03:09
Last Modified: 21 Jul 2023 03:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71808

Actions (login required)

View Item View Item