Hubungan antara persepsi anak tentang pola asuh demokratis orang tua dengan perkembangan sosial emosional anak : Penelitian di kelompok B RA Raudlatul Ulum Tambun Utara Bekasi

Fajriah, Hasna (2023) Hubungan antara persepsi anak tentang pola asuh demokratis orang tua dengan perkembangan sosial emosional anak : Penelitian di kelompok B RA Raudlatul Ulum Tambun Utara Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab I.pdf

Download (477kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan, diperoleh informasi bahwa ada kesenjangan antara tingginya persepsi anak tentang pola asuh demokratis orang tua dengan rendahnya perkembangan sosial emosional anak pada kelompok B RA Raudlatul Ulum Tambun Utara Bekasi. Persepsi yang tinggi ditandai dengan anak-anak yang antusias menceritakan bahwa orang tuanya suka mengajak bermain bersama dan ditemani belajar. Di sisi lain, beberapa perilaku anak di sekolah terlihat mudah marah, sering bertengkar dan tidak mau mengalah dengan teman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Realitas persepsi anak tentang pola asuh demokratis orang tua di kelompok B RA Raudlatul Ulum Tambun Utara Bekasi; 2) Realitas perkembangan sosial emosional anak di kelompok B RA Raudlatul Ulum Tambun Utara Bekasi; dan 3) Hubungan antara persepsi anak tentang pola asuh demokratis orang tua dengan perkembangan sosial emosional anak di kelompok B RA Raudlatul Ulum Tambun Utara Bekasi. Perkembangan sosial emosional anak dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya persepsi anak tentang pola asuh demokratis orang tua. Berdasarkan asumsi tersebut dapat dirumuskan hipotesisnya, semakin tinggi persepsi anak tentang pola asuh demokratis orang tua semikin tinggi pula perkembangan sosial emosional anak. Demikian pula sebaliknya, semakin rendah persepsi anak tentang pola asuh demokratis orang tua, maka semakin rendah pula perkembangan sosial emosional anak. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B RA Raudlatul Ulum Tambun Utara Bekasi yang berjumlah 14 anak. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh yaitu seluruh anak pada kelompok B RA Raudlatul Ulum Tambun Utara Bekasi ditetapkan menjadi responden penelitian. Teknik penggumpulan datanya menggunakan wawancara atau bercakap-cakap, observasi dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persepsi anak tentang pola asuh demokratis orang tua diperoleh nilai rata-rata 78 dengan kategori positif. Perkembangan sosial emosional anak diperoleh nilai rata-rata 90 dengan kategori sangat positif. Hubungan antara persepsi anak tentang pola asuh demokratis orang tua dengan perkembangan sosial emosional anak diperoleh harga koefisien korelasi sebesar 0,83. Angka koefisien korelasi tersebut termasuk pada kategori sangat kuat karena berada pada interval 0,800-1000. Hasil uji signifikansi diperoleh harga thitung = 5,125 > ttabel = 2,179. Artinya, Ho (Hipotesis nol) ditolak dan Ha (Hipotesis alternatif) diterima. Dengan demikian, persepsi anak tentang pola asuh orang tua memiliki hubungan positif yang signifikan dengan perkembangan sosial emosional anak di kelompok B RA Raudlatul Ulum Tambun Utara Bekasi. Kemudian persepsi anak tentang pola asuh demokratis orang tua berkontribusi sebesar 69% terhadap perkembangan sosial emosional anak, dan 31% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: perkembangan sosial emosional; pola asuh demokratis; persepsi
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Child Psychology
Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Hasna Fajriah
Date Deposited: 21 Jul 2023 01:40
Last Modified: 21 Jul 2023 01:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71812

Actions (login required)

View Item View Item