Pengaruh Depreciation Expenses dan Income Tax Expenses terhadap Profit For The Year pada perusahaan yang tercatat di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. XL Axiata Tbk. periode 2009-2022

Nurcahya, Kamelia (2023) Pengaruh Depreciation Expenses dan Income Tax Expenses terhadap Profit For The Year pada perusahaan yang tercatat di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. XL Axiata Tbk. periode 2009-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh laba atau keuntungan sebagai sumber pembiayaan bagi perkembangan perusahaan. Naik turunnya laba perusahaan ditentukan dengan pendapatan dan beban yang dikeluarkan. Aktivitas operasi perusahaan merupakan sumber utama untuk menghasilkan laba perusahaan. Dimana dalam aktivitas operasinya, perusahaan perlu memonitor pemasukan yang diterima dan pengeluaran yang dikeluarkan agar mampu memperoleh laba secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) bagaimana pengaruh Depreciation Expenses secara parsial terhadap Profit for The Year; 2) bagaimana pengaruh Income Tax Expenses secara parsial terhadap Profit for The Year; 3) bagaimana pengaruh Depreciation Expenses dan Income Tax Expenses secara simultan terhadap Profit for The Year pada PT. XL Axiata Tbk. Periode 2009-2022. Kerangka berpikir penelitian ini didasarkan pada teori Ifat Fauziah (2019) yang menyatakan bahwa Depreciation Expenses dan Income Tax Expenses berpengaruh negatif terhadap Profit for The Year. Artinya apabila Depreciation Expenses dan Income Tax Expenses yang berlaku sebagai variabel independen mengalami kenaikan maka Profit for The Year yang berlaku sebagai variabel dependen akan mengalami penurunan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari annual report PT. XL Axiata Tbk. Periode 2009-2022 yang dipublikasikan dalam situs resminya. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji auotokorelasi), dan analisis uji asosiatif (analissis regresi linier, analisis korelasi, analisis determinasi, uji signifikansi (uji signifikasi parsial (uji T) dan uji signifikasi simultan (uji F)). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Depreciation Expenses secara parsial berpengaruh negatif signifikan terhadap Profit for The Year dengan koefisien determinasi sebesar 35,7% dan thitung sebesar -2,582. Selanjutnya Income Tax Expenses secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Profit for The Year dengan koefisien determinasi sebesar 3,3% dan thitung sebesar 0,641. Kemudian Depreciation Expenses dan Income Tax Expenses secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap Profit for The Year yakni dengan nilai Fhitung sebesar 3,057 serta koefisien determinasi sebesar 35,7% dan sisanya 64,3% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Hasil penelitian ini sudah sesuai dengan teori akad yang digunakan dalam manajemen keuangan syariah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Depreciation Expenses; Income Tax Expenses; Profit for The Year;
Subjects: General Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Kamelia Nurcahya
Date Deposited: 21 Jul 2023 01:12
Last Modified: 21 Jul 2023 01:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71837

Actions (login required)

View Item View Item