Pengaruh Net Working Capital (NWC) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk. periode 2013-2022

Azzahra, Fathona (2023) Pengaruh Net Working Capital (NWC) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk. periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (394kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh salah satu selisih yang terjadi antara aset lancar perusahaan dengan kewajiban. Hal ini merujuk pada uang tunai, piutang/tagihan pelanggan yang belum dibayar, serta kewajiban lancarnya yaitu disebut dengan Net Working Capital (NWC), Debt to Equity Ratio (DER) yaitu sebagai satu alat analisis investasi yang digunakan untuk menilai utang dengan ekuitas, rasio ini dicari dengan cara membandingkan antara hutang dan modal. Sedangkan Return On Equity (ROE) mengkaji sejauh mana suatu perusahaan mempergunakan sumber daya yang dimiliki untuk mampu memberikan laba atas ekuitas. Dengan adanya teori tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti Pengaruh Net Working Capital (NWC) dan Debt to Equity Ratio(DER) terhadap Return On Equity (ROE) pada Perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk. Periode 2013-2022. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis besarnya pengaruh Net Working Capital (NWC) secara parsial terhadap Return On Equity (ROE); mengetahui dan menganalisis besarnya pengaruh Debt to Equity Ratio(DER) secara parsial terhadap Return On Equity (ROE); mengetahui dan menganalisis pengaruh Net Working Capital (NWC) dan Debt to Equity Ratio (ROE) secara simultan terhadap Return On Equity (ROE); pada PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk Periode 2013-2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang di peroleh dari laporan keuangan yang dipublikasi PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk. Periode 2013-2022. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji autokorelasi) analisis uji asosiatif (analisis regresi linier, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi) analisis uji hipotesis (uji signifikansi parsial (uji T), uji signifikansi simultan (uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Net Working Capital (NWC) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Equity (ROE) dengan koefisien determinasi 0,012% dan thitung sebesar 0,306. Sedangkan Debt to Equity Ratio (DER) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Equity (ROE) dengan koefisien determinasi 0,017% dan thitung sebesar -0,367. Dan pada hal yang sama pengaruh Net Working Capital (NWC) dan Debt to Equity Ratio (DER) secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Equity (ROE) yakni Fhitung sebesar 0,060 dan koefisien determinasi 0,017% atau 1,7% sisanya 98,3% merupakan presentasi dari faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Net Working Capital; Debt to Equity Ratio; Return On Equity
Subjects: Islam
Islam > Islam and Economics
Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Azzahra Fathona
Date Deposited: 21 Jul 2023 03:29
Last Modified: 21 Jul 2023 03:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71870

Actions (login required)

View Item View Item