Persepsi mahasiswa Jurnalistik terhadap bentuk berita Longform Journalism : Studi Kasus pada mahasiswa Jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati tahun akademik 2020

Nizam, Mohammad Rafel (2023) Persepsi mahasiswa Jurnalistik terhadap bentuk berita Longform Journalism : Studi Kasus pada mahasiswa Jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati tahun akademik 2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (477kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah menciptakan bentuk baru dalam dunia kejurnalistikan, salah satunya longform journalism. Bentuk berita yang dikembangkan dari aliran jurnalisme sastrawi tersebut telah berkembang di era digital ini dengan adanya penggabungan antara teks berita dengan elemen multimedia, dan adanya bentuk berita ini pun menciptakan khalayak dengan persepsi yang baru mengenai bentuk sebuah berita di media online. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui persepsi mahasiswa Jurnalistik angkatan 2020 UIN Sunan Gunung Djati Bandung terhadap bentuk berita longform dengan meninjau proses seleksi, interpretasi, dan reaksi. Penelitian ini menggunakan Teori Perspsi Alex Sobur yang menyatakan bahwa persepsi adalah bagian dari proses-proses yang pada akhirnya menghasilkan respon setelah adanya rangsangan yang terjadi pada manusia. Prosesnya sendiri terdiri dari seleksi, interpretasi, dan reaksi. Dari sudut pandang psikologis, tingkah laku seseorang adalah fungsi dari satu cara dalam memandang suatu hal. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode studi kasus dengan paradigma penelitian konstruktivisme dan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan, pada tahap seleksi, informan memberi fokus perhatian serta menilai berita longform sebagai berita dengan bentuk yang menarik karena memiliki ciri khas pada visual yang memadukan elemen multimedia pada setiap beritanya, sehingga menjadi pembeda dengan bentuk berita lainnya. Pada tahap interpretasi, informan menilai bentuk berita longform sebagai berita panjang yang memiliki pengalaman membaca yang penuh kesan dikarenakan visual, gaya penulisan, hingga data yang dimuat lengkap dan berimbang. Reaksi yang timbul setelah informan mengetahui dan membaca berita longform yaitu menjadi penasaran dengan topik berita lainnya, mendapatkan alternatif hiburan, dapat memberikan rasa simpati terhadap tokoh dalam berita yang dibaca dikarenakan narasi yang menarik hati, hingga ingin mengeluarkan biaya demi membeli konten premium pada portal berita longform.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Persepsi; Berita; Longform Journalism;
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Mohammad Rafel Nizam
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:41
Last Modified: 24 Jul 2023 07:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71876

Actions (login required)

View Item View Item