Layanan bimbingan individu untuk mengatasi perilaku Ghasab dikalangan santri : Penelitian di Pondok Pesantren Modern Daarul Uluum Lido Bogor

Julianti, Devi (2023) Layanan bimbingan individu untuk mengatasi perilaku Ghasab dikalangan santri : Penelitian di Pondok Pesantren Modern Daarul Uluum Lido Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi di lingkungan pesantren khususnya dikalangan santri yaitu perilaku ghasab. Ghasab merukapan tindakan mengambil atau menggunakan barang milik orang lain tanpa seizin pemiliknya, walaupun barang yang diambil akan dikembalikan tetapi terkadang tidak dikembalikan kepada tempat semulanya. Penelitian ini memiliki maksud dan tujuan untuk mengetahui latar belakang terjadinya perilaku ghasab dikalangan santri yang terjadi di Pondok Pesantren Modern Daarul Uluum Lido, lalu untuk mengetahui langkah-langkah untuk mengatasi perilaku ghasab melalui bimbingan individu dan untuk mengetahui hasil pelaksanaan bimbingan individu untuk mengatasi perilaku ghasab dikalangan santri. Penelitian ini didasari pada kerangka pemikiran bahwasannya layanan individu perlu dilakukan dalam mengatasi perilaku ghasab dikalangan santri. Karena layanan bimbingan individu merupakan salah satu layanan yang dapat membantu mengurangi bahkan menghilangkan perilaku ghasab yang marak terjadi dikalangan santri Pesantren Modern Daarul Uluum Lido. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan individu untuk mengatasi perilaku ghasab dikalangan santri mendapatkan pencapaian melalui santri yang mengalami perubahan positif kearah yang lebih baik dalam mengurangi perilaku ghasab yang mana dimulai dari individu santri sendiri maka akan menyebarkan hal positif dalam mengurangi perilaku ghasab yang sudah marak terjadi. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pemahaman kita tentang penggunaan layanan bimbingan individu dalam mengatasi perilaku ghasab di kalangan santri. Implikasi dari penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan bagi para pembimbing ataupun pihak terkait dalam merancang program bimbingan yang efektif untuk mempromosikan perilaku yang positif dan mengurangi perilaku ghasab di kalangan santri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Individu; Ghasab; Santri
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: devi julianti
Date Deposited: 21 Jul 2023 03:38
Last Modified: 21 Jul 2023 03:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71878

Actions (login required)

View Item View Item