Studi perbandingan proses persidangan sistem elektronik dan sistem manual di Pengadilan Agama Purwakarta Presfektif siyasah qadhaiyyah

Marwah, Haya Khalifiah (2023) Studi perbandingan proses persidangan sistem elektronik dan sistem manual di Pengadilan Agama Purwakarta Presfektif siyasah qadhaiyyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gubung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perbandingan antara persidangan secara elektronik dan secara manual yang di laksanakan oleh pengadilan Agama ,Untuk memenuhi permasalahan asa sederhana cepat dan biaya murah maka mahkamah agung mengambil suatu kebijakan inovatif dengan menyelenggarakan persidangan secara elektronik di karenakan tampak bahwa betapa rumit dan panjangnya prosedur beracara secara manual. Akan tetapi untuk saat ini persidangan secara manual yang masih banyak di laksanakan di bandingkan dengan persidangan secara elektronik. Penelitan ini bertujuan untuk:1) Mengatahui mekanisme persidangan secara elektronik dan manual di pengadilan agama Purwakarta. 2). Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan persidangan secara elektronik dan manual di pengadilan agama Purwakarta. 3). Untuk mengetahui persfektif siyasah qadhaiyyah terhadap persidangan secra elektronik dan manual serta kelebihan dan kekuranganya di pengadilan agama Purwakarta Dalam penelitian ini penulis menggunakan beberapa teori, diantaranya: teori kekuasaan kehakiman, teori siyasah qadhaiyyaah dan perbandingan proses persidangan secara elektronik dan manual. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskritif normatif dengan jenis penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan yuridis normatif, sumber data di peroleh dari sumber data primer,sumber data sekunder dan sumber data tersier. Teknik analisis data dengan analisis pola piker deduktif yang selanjutnya disusun dengan menggunakan analisis kualitatif yang kemudian disajikan dalam bentuk deskritif Hasil dari penelitian: 1) Perbandingan persidangan secara elektronik dan manual pada dasar nya sama saja hanya dalam proses nya saja yang di bedakan di karenakan ada yang manual dan ada yang menggunakan teknologi berbasis elektronik dan masih banyaknya para pencari keadilan yang masih melakukan persidangan secara manual di bandingan dengan melakukan persidangan secara elektronik. 2) Keuntungan dari persidangan elektronik ini ialah biaya murah,cepat, sederhana, efektif dan efisian dan untuk persidangan manual keuntungan nya ialah Adapun kekurangan ialah kurang nya pemahaman terhadap tekonologi jaringan yang tidak mendukung dan untuk persidangann secara manual kukarangannya ialah prosesnya yang lama dari mulai pendaftaran hingga persidangan 3). Siyasah Qadhaiyyah memandang perbandingan persidangan secara elektronik dan manual serta kelebihan dan kekurangan di pengadilan adalah diperbolehkan dan tidak dilarang oleh agama selama tidak bertentangan dengan hukum Islam dilihat dari mekanisme pelaksanaan administrasi dan persidangan secara elektronik dilangsungkan sesuai dengan ketentuan hukum acara yang berlaku dan prinsip maslahah yaitu mengambil manfaat dan menolak kemudharatan dalam memenuhi tujuan syara.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Persidangan elektronik; persidangan manual; siyasah qadhaiyyah;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Pengadilan Islam, Qada'
International Law > Relations Between States
Constitutional and Administrative Law > Structure, Powers, Functions of Government
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Haya Khalifiah Marwah
Date Deposited: 24 Jul 2023 01:45
Last Modified: 24 Jul 2023 01:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71915

Actions (login required)

View Item View Item