Perilaku zina dan hukumannya dalam Al-Qur’an : Analisis ayat ayat zina dalam kitab Al jami’ Li Ahkām Al-Qurān karya Imam Al Qurṭubi

Apipah, Nurul (2023) Perilaku zina dan hukumannya dalam Al-Qur’an : Analisis ayat ayat zina dalam kitab Al jami’ Li Ahkām Al-Qurān karya Imam Al Qurṭubi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover Skripsi PRINT.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Nurul Apipah abstrak.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
abstrak.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bab 1 Skripsi.pdf

Download (909kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
bab 2 skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
bab 3 skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4 skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
bab 5 skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)

Abstract

Berdasarkan penelitian dibeberapa daerah di Indonesia, 20 sampai 30 persen remaja telah kehilangan kehormatannya yang disebabkan hubungan seks bebas, Padahal negara Indonesia tercatat sebagai negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia. Sedangkan Islam mengatur ketat seluruh aspek kehidupan terutama mengenai pelecehan hak manusia seperti zina. Al-Qur’an dengan tegas menjelaskan bahaya zina dan larangan mendekatinya. Berangkat dari kasus tersebut, penelitian ini membahas mengenai siapakah Pelaku Zina di dalam kitab Al Jāmiˊ Li Aḥkām al-Qur’ān karya Al-Qurṭubi dan bagaimana penafsiran Al-Qurṭubi tentang ayat ayat hukuman bagi pelaku zina di dalam kitab Al Jāmiˊ Li Aḥkām al-Qur’ān karya Al-Qurṭubi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hal hal yang berkaitan dengan zina dan hukuman bagi pelakunya dalam kitab kitab Al Jāmiˊ Li Aḥkām al-Qur’ān karya Al-Qurṭubi. Hal tersebut dapat diketahui dengan penulusuran ayat yang bermakna zina atau fakhsya kemudian dilanjutkan dengan pencarian dan analisis terhadap tafsir Al Jāmiˊ Li Aḥkām al-Qur’ān karya Al-Qurṭubi. Penelitian yang penulis lakukan termasuk ke dalam kategori penelitian kualitatif dengan pendekatan library research (studi pustaka). Sumber utama dalam penelitian ini adalah Ayat ayat Al-Qur’an yang membahas mengenai zina dan hukumannya dan tafsir Al Jāmiˊ Li Aḥkām al-Qur’ān karya Al-Qurṭubi. Adapun sumber pendukukung dari penelitian ini adalah kitab kitab, buku buku dan karya tulis ilmiah berupa artikel jurnal dan karya tulis lain yang membahas mengenai zina dan hukumannya. Setelah melakukan penelitian, penulis menemukan hasil penelitian bahwa zina menurut penafsiran Imam Al-Qurṭubi dalam tafsir Al Jāmiˊ Li Aḥkām al-Qur’ān merupakan perbuatan keji yang mengahasilkan dosa besar yang disandingkan dengan dosa syirik dan membunuh tanpa hak. Seorang pezina akan dikenai hukuman had jika terbukti bersalah, yakni Rajam atau cambuk. Zina bukan hanya persoalan mengenai hubungan seksual karena anggota badan lainnya seperti mata, lisan tangan dan lainnya juga bisa berzina atau zina kecil yang disebut dengan istilah al-lamam. Penelitian ini menyimpulkan bahwa perilaku zina dalam kitab Al Jāmiˊ Li Aḥkām al-Qur’ān adalah hubungan seksual yang dilakukan oleh laki laki dan perempuan yang bukan mahramnya dan tidak ada ikatan pernikahan yang sah. Zina seksual dikenai hukuman had (pidana). Zina anggota badan (yang dapat mengantarkan pada zina seksual) tidak dijatuhi ukuman pidana namun dikenai siksa di Akhirat jika tidak bertaubat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Zina, Hukuman Had, Al- Qurṭubi
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Pidana Islam, Jinayat
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Nurul Apipah
Date Deposited: 21 Jul 2023 07:56
Last Modified: 25 Jul 2023 08:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71919

Actions (login required)

View Item View Item