Pengaruh Return On Assets dan Current Rasio terhadap harga saham pada perusahaan sektor Coal Mining yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2013-2022

Munawaroh, Miarti Qotrunnada (2023) Pengaruh Return On Assets dan Current Rasio terhadap harga saham pada perusahaan sektor Coal Mining yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi tentang pengaruh Return On Assets dan Current Rasio terhadap Harga Saham pada Perusahaan Coal Mining periode 2013-2022. Return On Assets adalah rasio profitabilitas yang menjelaskan mengenai kemampuan perusahaan menunjukkan seberapa besar laba bersih yang dapat dihasilkan dari seluruh aset perusahaan. Current Rasio adalah rasio likuiditas yang digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendeknya dengan aktiva lancarnya (Current Asset), dengan membagi aktiva lancar dengan kewajiban lancar (Current Liabilities). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh Return On Assets dan Current Rasio terhadap Harga Saham baik secara parsial maupun simultan pada perusahaan sektor coal mining periode 2013-2022. Kerangka berpikir yang digunakan dalam penelitian ini didasarkan pada teori yang menyatakan bahwa adanya hubungan saling berpengaruh antara Return On Assets terhadap Harga Saham dan Current Rasio terhadap Harga Saham. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode deskriptif verifikatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, data yang digunakan merupakan data kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 3 dari 27 populasi perusahaan yang dipilih menggunakan purposive sampling. Menggunakan teknik analisis data yang meliputi analisis analisis deskriptif, regresi data panel menggunakan common effect model, asumsi klasik, uji koefisien determinasi serta uji hipotesis yang terdiri dari uji t dan uji f. Pengelolaan data dibantu dengan Eviews 12. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) secara parsial tidak memiliki pengaruh yang signifikan antara Return On Assets terhadap Harga Saham yang dibuktikan oleh hasil uji t sebesar 1,008733. 2) secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan antara Current Rasio terhadap Harga Saham yang dibuktikan oleh hasil uji t sebesar 4,285601. 3) secara simultan Return On Assets dan Current Rasio memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Harga Saham yang di buktikan oleh hasil uji f sebesar 10,63876 dengan besar koefisien determinasi 44,07% pada perusahaan sektor Coal Mining periode 2013-2022.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Return On Assets (ROA); Current Rasio (CR); Harga Saham
Subjects: Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Miarti Qotrunnada Munawaroh
Date Deposited: 21 Jul 2023 07:48
Last Modified: 21 Jul 2023 07:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71928

Actions (login required)

View Item View Item