Pengaruh selling and marketing expenses dan general and administrative expenses terhadap profit before income tax pada perusahaan poultry yang tercatat di indeks saham syariah Indonesia periode 2012-2021

Putri, Mega Silvia (2023) Pengaruh selling and marketing expenses dan general and administrative expenses terhadap profit before income tax pada perusahaan poultry yang tercatat di indeks saham syariah Indonesia periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (639kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (808kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi permasalahan pada beban (expenses) dan laba perusahaan. Maka dari itu penelitian mengenai laba beserta faktor yang mempengaruhinya sangatlah penting. Beban merupakan pengurang pendapatan yang mempengaruhi naik turunnya laba. Semakin tinggi beban yang dikeluarkan maka laba akan menurun dan sebaliknya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mengetahui seberapa besar pengaruh Selling and Marketing Expenses dan General and Administrative Expenses terhadap Profit Before Income Tax secara parsial dan simultan pada perusahaan poultry yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Periode 2012-2021. Kerangka pemikiran penelitian didasarkan pada teori yang menyatakan bahwa apabila Selling and Marketing Expenses dan General and Administrative Expenses naik, maka Profit Before Income Tax turun, begitupun sebaliknya apabila Selling and Marketing Expenses dan General and Administrative Expenses turun, maka Profit Before Income Tax pun akan naik. Metodologi yang digunakan dalam penelitan ini yaitu menggunakan metode penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data panel periode 2012-2021 dari laporan keuangan perusahaan yang diterbitkan PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk, PT. Charoen Pokphan Indonesia Tbk, dan PT. Malindo Feedmill Tbk. Analisis data yang digunakan ialah Analisis Deskriptif, Analisis Regresi Data Panel, Uji Asumsi Klasik, Analisis Koefisien Determinasi dan Analisis Uji Hipotesis. Pengolahan dan perhitungan data dengan menggunakan Ivews 12 version serta Microsoft excel 2019. Hasil Perhitungan statistik menunjukkan bahwa Selling and Marketing Expenses secara parsial tidak berpengaruh terhadap Profit Before Income Tax yang dibuktikan dengan nilai thitung< ttabel yaitu 1,953373 < 2,05183. Kemudian General and Administrative Expenses berpengaruh positif signifikan secara parsial dengan dengan thitung>ttabel yakni 2,567572 > 2,05183. Begitupun secara simultan Selling and Marketing Expenses dan General and Administrative Expenses berpengaruh positif dan signifikan terhadap Profit Before Income Tax dengan nilai Fhitung>Ftabel 3,759148 > 3,354. Hasil penelitian ini sesuai dengan konsep murabahah pada manajemen keuangan syariah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Selling and Marketing Expenses; General and Administrative Expenses; Profit Before Income Tax;
Subjects: Islam
Islam > Islam and Economics
Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Mega Silvi Putri
Date Deposited: 24 Jul 2023 08:57
Last Modified: 24 Jul 2023 08:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71945

Actions (login required)

View Item View Item