Keaktifan siswa mengikuti ekstrakulikuler Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) hubungannya dengan hasil belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti: Penelitian korelasional terhadap siswa SMAN 26 Kota Bandung

Fauzia, Salafia Al Zahra (2023) Keaktifan siswa mengikuti ekstrakulikuler Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) hubungannya dengan hasil belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti: Penelitian korelasional terhadap siswa SMAN 26 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (893kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang ada, dimana alokasi waktu untuk mata pelajaran pendidikan agama dan budi pekerti di sekolah umum itu relatif lebih sedikit jika dibandingkan dengan mata pelajaran yang lainnya. Sedangkan ilmu agama yang dipelajari itu sangat luas yang tidak mungkin bisa dipelajari di dalam kelas saja dengan waktu yang terbatas. Sehingga untuk menghindari dampak negatif seperti pemahaman yang tidak menyeluruh, tidak ada motivasi belajar dan akhlak yang kurang terbentuk maka perlu adanya jam tambahan atau kegiatan ekstrakulikuler yang menunjang hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keaktifan siswa mengikuti ekstrakulikuler DKM, (2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama dan budi pekerti dan (3) keaktifan siswa mengikuti ekstrakulikuler Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dan hubungannya dengan hasil belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (PABP) di SMAN 26 Kota Bandung. Landasan penelitian ini merujuk pada teori hasil belajar yang dirumuskan oleh Benjamin S. Bloom dalam Taxonomy of Education Objectives, beliau membagi tujuan pendidikan menjadi tiga ranah, yaitu ranah kognitif, afektif dan psikomotor. (Nurgiantoro, 2014). Kemudian keberhasilan dalam belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu berasal dari dalam diri siswa (faktor internal) dan yang berasal dari luar siswa (faktor eksternal). Adapun penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengunakan metode deskriptif analisis. Sampel dalam penelitian ini adalah 100% dari jumlah populasi yang berjumlah 30 siswa, yang terdiri dari 20 siswa kelas X dan 10 siswa kelas XI. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data yang digunakan merupakan teknik korelasi product moment. Hasil dari penelitian ini dengan perolehan korelasi sebesar 0,420 sehingga nilai r hitung berkisar antara 0,40-0,70. Maka antara ekstrakurikuler DKM terhadap hasil belajar PABP memang terdapat korelasi sedang atau cukup. Sementara itu setelah peneliti melakukan perhitungan koefisien determinasi, dari hasil perhitungan koefisien determinasi ekstrakurikuler dewan kemakmuran masjid mempunyai kontribusi atau pengaruh sebesar 42% dalam mempengaruhi hasil belajar PABP pada siswa SMAN 26 Kota Bandung. Kemudian 58% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain seperti faktor dari dalam diri maupun luar diri yang meliputi lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lain sebagainya yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler Dewan Kemakmuran Masjid; Hasil Belajar; Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: salafia al zahra fauzia
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:55
Last Modified: 25 Jul 2023 07:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71992

Actions (login required)

View Item View Item