Pengaruh Current Ratio (CR) dan Net Working Capital (NWC) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi Di PT. United Tractors TBK. Periode 2013 – 2022

Rizkiani, Septi (2023) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Net Working Capital (NWC) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi Di PT. United Tractors TBK. Periode 2013 – 2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perekonomian yang menjadi salah satu sektor penting dalam mencapai kesejahteraan. Diera globalisasi banyak perusaan yang semakin pesat kemajuan ekonominya sehingga dengan mudah berkembang di Indonesia. Namun ini juga memberikan tantangan besar bagi perusahaan dan para investor untuk dapat untuk membuat keputusan yang tepa tatas dana yang dimiliki sehingga menghasilkan profitabilitas yang maksimal dan tidak mudah mengalami kerugian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Current Ratio (CR) dan Net Working Capital (NWC) secara parsial terhadap Return On Equity (ROE). Juga mengetahui besar pengaruh Current Ratio (CR) dan Net Working Capital (NWC) secara simultan terhadap Return On Equity (ROE) pada PT United Tractors Tbk periode 2013-2022. Kerangka teori yang dipakai menyatakan bahwa pada saat nilai Current Ratio (CR) mengalami kenaikan, makan nilai Return On Equity (ROE) akan naik, sedangkan Ketika nilai Net Working Capital (NWC) mengalami kenaikan maka Return On Equity (ROE) yang diperoleh investor pun akan naik. Metodologi yang digunakan dalam analisis ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Untuk data yang diperoleh yaitu data sekunder runtun waktu (time series) dari laporan publikasi PT. United Tractors Tbk periode 2013-2022. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan analisis regresi sederhana dan berganda, korelasi pearson product moment dan korelasi berganda, koefisien determinasi, serta analisis uji t dan f (hipotesis). Adapun hasil penelitian yang telah dilakukan dengan perhitungan manual dan diperkuat dengan SPSS for windows version 26, menunjukan bahwa secara parsial Current Ratio (CR) tidak berpengaruh positif terhadap Return On Equity (ROE), hal ini ditunjukan dengan nilai t hitung sebesar -2,234 dan koefisien determinasi sebesar 38,4%. Secara parsial Net Working Capital (NWC) tidak berpengaruh positif terhadap Return On Equity (ROE), hal ini ditunjukan dengan nilai t hitung -0,101 dan koefisien determinasi sebesar 1%. Kemudian secara simultan Current Ratio (CR) dan Net Working Capital (NWC) tidak berpengaruh positif terhadap Return On Equity (ROE), hal ini ditunujukan dalam koefisien determinasi sebesar 43,2% dan uji signifikan dengan membandingkan fhitung dengan ftabel pada tingkat signifikan (\mathbit{\alpha})= 0,05 dengan besarnya ¬fhitung yaitu 4,74. Maka diketahui f hitung 2,662. Dengan demikian diketahui fhitung < ftabel atau 2,662 > 4,74. Maka H0 ditetima dan Ha ditolak Current Ratio (CR) dan Net Working Capital (NWC) secara Bersama-sama tidak berpengaruh positif terhadap Return On Equity (ROE) di PT. United Tractors Tbk Periode 2013-2022.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CR); Net Working Capital (NWC); Return On Equity (ROE).
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Accounting > Auditing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Septi Rizkiani
Date Deposited: 24 Jul 2023 02:19
Last Modified: 24 Jul 2023 02:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72000

Actions (login required)

View Item View Item