Aziz, Aditya Abdul (2023) Inovasi pelayanan publik melalui aplikasi SAKEDAP di DISDUKCAPIL Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (468kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (681kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (584kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) | Request a copy |
Abstract
Inovasi pemerintah daerah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 yang mengatur tentang bagaimana pemerintah daerah melaksanakan inovasi daerah. Aplikasi SAKEDAP (Sistem Pelayanan Kependudukan Terpadu) yang merupakan salah satu inovasi pelayanan publik yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bandung. Aplikasi ini diluncurkan untuk mempermudah akses masyarakat terhadap layanan, dikembangkan sistem aplikasi berbasis android. Aplikasi ini berisikan tentang Pengembangan system pelayanan kependudukan terpadu untuk mendapatkan nomor antrian dengan mudah tanpa harus kehabisan nomor antrian jika datang langsung ke kantor, cukup melakukan pengajuan permohonan dokumen kependududkan melalui aplikasi dan web. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keuntungan, kesesuaian, kerumitan, kemungkinan dicoba, dan kemudahan untuk diamati dalam penerapan inovasi pelayanan publik melalui aplikasi SAKEDAP di Disdukcapil Kabupaten Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Rogers dalam Suwarno (2008) yang menyatakan terdapat lima dimensi inovasi yaitu keuntungan relatif, kesesuaian, kerumitan, kemungkinan dicoba, dan kemudahan diamati. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan inovasi pelayanan publik melalui aplikasi SAKEDAP di Disdukcapil Kabupaten Bandung telah berjalan dengan cukup baik, namun masih ditemuinya beberapa masalah diantaranya yaitu keterbatasan masyarakat dalam pengetahuan penggunaan smartphone dan keterbatasan kepemilikan smart phone, kurangnya operator pelayanan di Disdukcapil kabupaten Bandung yang mengakibatkan keterbatasan penerimaan permohonan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | inovasi; pelayanan publik; SAKEDAP; |
Subjects: | Public Administration Public Administration > Public Administration in Indonesia Specific Field of Public Administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | aditya abdul aziz |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 06:53 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 06:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72080 |
Actions (login required)
View Item |