Pengaruh Net Working Capital (NWC) dan Revenue and Sales terhadap Operating Income pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Nusantara Infrastructure Tbk periode 2013-2022

Rahmawati, Mira Andini (2023) Pengaruh Net Working Capital (NWC) dan Revenue and Sales terhadap Operating Income pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Nusantara Infrastructure Tbk periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy

Abstract

Net Working Capital pada perusahaan berfungsi memaksimalkan kegiatan operasi perusahaan sebagai investasi yang ditanamkan dalam aktiva lancar atau aktiva jangka pendek. Jika suatu perusahaan memiliki modal kerja yang besar, maka ia harus memiliki potensi untuk berinvestasi dan tumbuh yang akan meningkatkan Operating Income. Revenue and Sales juga dinilai terdapat kaitan yang kuat pada peningkatan laba operasional perusahaan, dimana Operating Income dapat dijadikan informasi dalam pertimbangan investor untuk berinvestasi pada perusahaan, karena dinilai laba bersih merupakan cerminan dari kinerja perusahaan dalam mengelola modal serta menjalankan operasional perusahaan. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui besarnya pengaruh dari Net Workng Capital (NWC) secara parsial terhadap Operating Income, pengaruh dari Revenue and Sales secara parsial terhadap Operating Income dan pengaruh dari Net Working Capital (NWC) dan Revenue and Sales secara simultan terhadap Operating Income pada PT. Nusantara Infrastructure Tbk Periode 2013-2022. Kerangka pemikiran pada penelitian ini yaitu Net Working Capital (NWC) dan Revenue and Sales berpengaruh positif terhadap Operating Income, sebab apabila keduanya dalam perusahaan mengalami kenaikan dapat menaikan tingkat Operating Income yang diperoleh, begitupun sebaliknya, apabila keduanya mengalami penurunan makan Operating Income akan mengalami penurunan. Metode yang digunakan dalam penelitan ini yaitu menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan me-rupakan data sekunder time series dari laporan keuangan perusahaan yang di-terbitkan PT. Nusantara Infrastructure Tbk pada website resmi perusahaan. Analisis data yang digunakan ialah Analisis Deskriptif, Uji Asumsi Klasik, Analisis Uji Asosiatif, dan Analisis Uji Hipotesis. Pengolahan dan perhitungan data dengan menggunakan SPSS For windows 25 version serta Microsoft excel 2019. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa 1) Net Workng Capital (NWC) secara parsial tidak berpengaruh terhadap Operating Income yang dibuktikan oleh nilai koefisien determinasi sebesar 0,1% serta nilai t hitung < t tabel yaitu 0,013 > 2,306; 2) Revenue and Sales secara parsial tidak berpengaruh terhadap Operating Income yang dibuktikan oleh nilai koefisien determinasi sebesar 1,4% serta nilai t hitung < t tabel yaitu 0,331 > 2,306; 3) Net Workng Capital (NWC) dan Revenue and Sales secara simultan tidak berpengaruh terhadap Operating Income yang dibuktikan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 2,6% serta nilai f hitung < f tabel yaitu 0,095 > 4,74 pada PT. Nusantara Infrastructure Tbk Periode 2013-2022.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Net Working Capital (NWC); Revenue and Sales; Operating Income
Subjects: Islam
Islam > Islam and Economics
Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Mira Mira Andini Rahmawati
Date Deposited: 24 Jul 2023 05:09
Last Modified: 24 Jul 2023 05:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72091

Actions (login required)

View Item View Item