Analisis relevansi kompetensi personality guru dalam buku Genius Teaching: 9 karakter guru menyenangkan berbasis ramah otak karya Rudiana

Destiani, Mitha (2021) Analisis relevansi kompetensi personality guru dalam buku Genius Teaching: 9 karakter guru menyenangkan berbasis ramah otak karya Rudiana. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (928kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan dalam dunia pendidikan sangatlah kompleks. Salah satunya adalah permasaahan yang timbul dalam diri guru itu sendiri. Hal ini terjadi karena banyak faktor, salah satunya disebabkan oleh karakter yang melekat dalam diri guru. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan memberikan pemahaman mengenai konsep-konsep kepribadian guru yang sesuai. Dalam buku “Genius Teaching: 9 Karakter Guru Menyenangkan” dijelaskan bahwa guru harus memiliki setidaknya sembilan karakter untuk membangun kompetensi kepribadiannya. Guru dengan karakter yang menyenangkan mampu memberikan dampak positif dalam segala ranah pendidikan, termasuk dalam memerankan fungsi, tanggungjawab maupun peran profesinya sebagai seorang guru. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui personality guru yang ditampilkan melalui sembilan karakter guru menurut Rudiana serta untuk mengetahui bagaimana relavansi kompetensi personality guru menurut Rudiana terhadap Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005. Kompetensi kepribadian guru merupakan salah satu kompetensi yang sangat penting, hal ini dikarenakan kompetensi kepribadian yang dimiliki guru merupakan bekal dalam memperbaiki moral maupun etika generasi bangsa dalam dunia pendidikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka (library research). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan menggunakan analisis isi dengan menggunakan model analisis menurut Miles dan Hubarman dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa sembilan karakter guru menurut Rudiana yaitu: visioner, pembelajar, penebar senyum, ikhlas, antusias, humoris, kreatif, dan positif mampu menampilkan seorang guru berkepribadian ideal, terutama guru di zaman modern abad 21. Namun juga tidak meninggalkan karakter mulia sesuai dengan norma agama maupun budaya. Serta memiliki relevansi terhadap kompetensi kepribadian guru yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005. Kompetensi kepribaian tersebut diantaranya, kepribadian mantab, stabil, dewasa, arif dan bijaksana, menjadi sosok teladan dan berakhlak mulia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Karakter Guru; Kepribadian Guru; Kompetensi Kepribadian Guru
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Individual Psychology, Characters
Differential and Developmental Psychology > Character Development
Diseases > Disorders of Personality and Intellect
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mitha Destiani
Date Deposited: 25 Jul 2023 05:39
Last Modified: 25 Jul 2023 05:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72092

Actions (login required)

View Item View Item