Azzahra, Siti Fatimah (2023) Hubungan manajemen Pelayanan Terpadu Satu Pintu dengan inovasi layanan administrasi : Penelitian di Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (514kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (638kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) | Request a copy |
Abstract
Dalam meningkatkan layanan publik, Pemerintah memiliki peranan penting untuk memberikan layanan administrasi kepada masyarakat yang mudah, terjangkau dan cepat. Kementerian Agama sebagai salah satu organisasi pemerintahan turut andil dalam menjalankan aktualisasi lima budaya kerja dalam aspek inovasi. Inovasi dalam layanan administrasi tersebut adalah Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Pelayanan Terpadu Satu Pintu merupakan salah satu upaya Kementerian Agama dalam melakukan inovasi layanan administrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis 1) Realitas Manajemen Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Barat, 2) Realitas Inovasi Layanan Administrasi dalam Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan 3) Hubungan Manajemen Pelayanan Terpadu Satu Pintu dengan Inovasi Layanan Administrasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode suvei deskriptif. Teknik sampling yang digunakan adalah insidental. Teknik pengumpulan data yaitu menyebar angket. Adapun teknik analisis pada penelitian ini dibantu dengan program SPSS 25 untuk menganalisis instumen (Validitas dan Reliabilitas), Analisis statistik deskriptif, Analisis asumsi (Normalitas dan Linearitas) dan Statistik Inferensial berupa Uji Korelasi Koefisien. Hasil Penelitian menjelaskan bahwa variabel X memiliki sebaran data normal dan hasil perhitungan rata-rata parsial indikator dalam variabel adalah 2,54 yakni berada pada kategori tinggi. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Manajemen Pelayanan Terpadu Satu Pintu dinilai baik. Variabel Inovasi Layanan Administrasi memiliki sebaran data yang berdistribusi normal dan dibuktikan dengan rata-rata parsial indikator dalam variabel berada pada kategori tinggi yaitu 3,08. Manajemen Pelayanan Terpadu Satu Pintu memiliki hubungan yang signifikan dengan Inovasi Layanan Administrasi di Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Barat dengan nilai Sig. (2-tailed) antara variabel X dengan variabel Y adalah sebesar 0,003 < 0,005 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan nilai r hitung (Pearson Correlation) dengan nilai r hitung sebesar 0,521 > r tabel 0,344 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara variabel X dengan variabel Y. lalu, berdasarkan nilai r hitung yaitu 0,521 maka kriteria kekuatan hubungan antara variabel X dan Y mempunyai hubungan cukup kuat. Adapun hubungan antara variabel X dengan Y bernilai postitif dan searah maka semakin baik Manajemen Pelayanan Terpadu Satu Pintu maka semakin baik pula Inovasi Layanan Administrasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Pelayanan Terpadu Satu Pintu; Inovasi Layanan Administrasi |
Subjects: | Public Administration General Management General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Fatimah Azzahra |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 06:34 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 06:34 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72095 |
Actions (login required)
View Item |