Hubungan manajemen Pelayanan Terpadu Satu Pintu dengan inovasi layanan administrasi : Penelitian di Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Barat

Azzahra, Siti Fatimah (2023) Hubungan manajemen Pelayanan Terpadu Satu Pintu dengan inovasi layanan administrasi : Penelitian di Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (514kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy

Abstract

Dalam meningkatkan layanan publik, Pemerintah memiliki peranan penting untuk memberikan layanan administrasi kepada masyarakat yang mudah, terjangkau dan cepat. Kementerian Agama sebagai salah satu organisasi pemerintahan turut andil dalam menjalankan aktualisasi lima budaya kerja dalam aspek inovasi. Inovasi dalam layanan administrasi tersebut adalah Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Pelayanan Terpadu Satu Pintu merupakan salah satu upaya Kementerian Agama dalam melakukan inovasi layanan administrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis 1) Realitas Manajemen Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Barat, 2) Realitas Inovasi Layanan Administrasi dalam Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan 3) Hubungan Manajemen Pelayanan Terpadu Satu Pintu dengan Inovasi Layanan Administrasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode suvei deskriptif. Teknik sampling yang digunakan adalah insidental. Teknik pengumpulan data yaitu menyebar angket. Adapun teknik analisis pada penelitian ini dibantu dengan program SPSS 25 untuk menganalisis instumen (Validitas dan Reliabilitas), Analisis statistik deskriptif, Analisis asumsi (Normalitas dan Linearitas) dan Statistik Inferensial berupa Uji Korelasi Koefisien. Hasil Penelitian menjelaskan bahwa variabel X memiliki sebaran data normal dan hasil perhitungan rata-rata parsial indikator dalam variabel adalah 2,54 yakni berada pada kategori tinggi. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Manajemen Pelayanan Terpadu Satu Pintu dinilai baik. Variabel Inovasi Layanan Administrasi memiliki sebaran data yang berdistribusi normal dan dibuktikan dengan rata-rata parsial indikator dalam variabel berada pada kategori tinggi yaitu 3,08. Manajemen Pelayanan Terpadu Satu Pintu memiliki hubungan yang signifikan dengan Inovasi Layanan Administrasi di Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Barat dengan nilai Sig. (2-tailed) antara variabel X dengan variabel Y adalah sebesar 0,003 < 0,005 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan nilai r hitung (Pearson Correlation) dengan nilai r hitung sebesar 0,521 > r tabel 0,344 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara variabel X dengan variabel Y. lalu, berdasarkan nilai r hitung yaitu 0,521 maka kriteria kekuatan hubungan antara variabel X dan Y mempunyai hubungan cukup kuat. Adapun hubungan antara variabel X dengan Y bernilai postitif dan searah maka semakin baik Manajemen Pelayanan Terpadu Satu Pintu maka semakin baik pula Inovasi Layanan Administrasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Pelayanan Terpadu Satu Pintu; Inovasi Layanan Administrasi
Subjects: Public Administration
General Management
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Fatimah Azzahra
Date Deposited: 24 Jul 2023 06:34
Last Modified: 24 Jul 2023 06:34
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72095

Actions (login required)

View Item View Item