Peran Dinas Pertanian dalam mewujudkan Desa Mandiri Kopi untuk kesejahteraan masyarakat : Studi deskriptif di Desa Pangauban Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut )

Solihah, Isma Siti (2023) Peran Dinas Pertanian dalam mewujudkan Desa Mandiri Kopi untuk kesejahteraan masyarakat : Studi deskriptif di Desa Pangauban Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut ). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (411kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan suatu negara dengan potensi alam yang melimpah, salah satunya adalah potensi kopi. Dengan terlihatnya potensi sumberdaya alam yang dimiliki ini memberikan kepercayaan dari dinas pertanian kabupaten garut untuk mengembangkan Desa Mandiri melalui komoditas perkebunan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis realitas tentang kesejahteraan masyarakat di dalam naungan peran dinas pertanian ini melaui Fasilitator Pelatihan, Fasilitasi Permodalan dan manajeman pemasaran. Penelitian ini berdasarkan teori fasilitator menurut Lippit dan Rogers dalam (Mardikanto,2013:139) fasilitator adalah “ agen perubahan yaitu seorang atas nama pemerintah atau lembaga pemberdayaan masyarakat berkewajiban untuk mempengaruhi proses pengambilan keputusan yang di lakukan oleh calon penerima manfaat dalam mengadopsi inovasi. Serta menggunakan teori kesejahteraan menurut Zastrow dalam (zaman,N.2021 Sumber Daya dan Kesejahteraan Masyarakat) yaitu program dan pelayanan dalam membantu kebutuhan sosial, ekonomi, pendidikan dan kesehatan dengan tujuan untuk membantu individu dan kelompok agar mencapai tingkat hidup dan kesehatan yang memuaskan serta hubungan-hubungan personal dan sosial yang memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengembangkan seluruh kemampuanya dan untuk meningkatkan kesejahteraan. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu menggali kondisi di lapangan memalui pengamatan yang akurat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian analisis data dilakukan dengan menggunakan interpretasi logis yang dapat dikaitkan dengan konteks pemberdayaan masyarakat islam. Hasil dari penelitian ini adalah meningkatnya kesejahteraan bagi masyarakat melalui peran Dinas Pertanian dalam pembudidayaan tanaman kopi ini di Desa Panguban Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut, yaitu dengan menghasilkan adanya pendapatan yang diperoleh masyarakat yang dapat meringankan beban dalam memenuhi kebutuhan hidup dalam keluarga dan terpenuhinya indikator keberdayaan ekonomi masyarakat yaitu: 1) memberi wewenang untuk mengubah etos kerja atau sikap adalah cara untuk membantu mereka menjadi lebih mandiri. 2) munculnya rasa percaya diri mengarah pada kesadaran bahwa mereka dapat mengubah keadaan. 3) kebebasan dalam mengembangkan potensi mereka sehingga mereka bisa menjadi yang terbaik. 5) bertangungjawab dalam setiap perubahan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran Dinas Pertanian; Desa Mandiri Kopi; Kesejahteraan Masyarakat
Subjects: Social Welfare, Problems and Services
General Management > Research and Development Management (R and D)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Isma Siti Solihah Isma
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:49
Last Modified: 24 Jul 2023 07:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72115

Actions (login required)

View Item View Item