Hubungan kompensasi non finansial terhadap loyalitas kerja pegawai tata usaha : Penelitian pada Madrasah Aliyah Negeri di Bandung

Sambella, Mutiara (2023) Hubungan kompensasi non finansial terhadap loyalitas kerja pegawai tata usaha : Penelitian pada Madrasah Aliyah Negeri di Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (828kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (953kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy

Abstract

Kompensasi merupakan suatu yang diterima atas suatu jasa yang diberikan dalam pekerjaannya. Pemberian kompensasi dapat meningkatkan prestasi kerja, memotivasi karyawan dan loyalitas kerja. Kompensasi non finansial dapat berbentuk promosi jabatan, mengadakan kegiatan pelatihan keterampilan atau training untuk meningkatkan skill, tantangan kerja, liburan, rekan dan atasan yang kooperatif dan lingkungan kerja yang baik, kebijakan lembaga yang rasional dan sehat dan fleksibilitas lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mengidentifikasi gambaran kompensasi non finansial pada Madrasah Aliyah Negeri di Bandung, 2) Mendeskripsikan loyalitas kerja tata usaha pada Madrasah Aliyah Negeri di Bandung dan 3) Menganalisis hubungan kompensasi non finansial dengan loyalitas kerja pegawai tata usaha pada Madrasah Aliyah Negeri di Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian ex post facto. Sampel penelitian ini berjumlah 39 pegawai tata usaha Madrasah Aliyah Negeri di Bandung menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data melalui kuesioner. Adapun teknik analisis pada penelitian menggunakan bantuan program SPSS 26 dengan Analisis Instrumen (Validitas dan Reliabilitas), Analisis Parsial Indikator, Analisis Asumsi (Normalitas dan Linearitas), Uji Heteroskedastisitas, Uji Korelasi, Uji Koefisien Determinasi dan Uji – T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kompensasi non finansial mempunyai tanggapan responden yang sangat baik sebesar 88.17%, Realitas variabel (X) Kompensasi Non Finansial termasuk dalam kategori “Sangat Tinggi”, karena berada dalam rentang interval 4,20-5,00 yaitu dengan nilai yang diperoleh sebesar 4,40. Realitas variabel (Y) Loyalitas Kerja termasuk dalam kategori “Sangat Tinggi”, karena berada dalam rentang interval 4,20-5,00 yaitu dengan nilai yang diperoleh sebesar 4,33. Adapun kompensasi non finansial berhubungan positif dan signifikan terhadap loyalitas kerja pegawai, hal ini dibuktikan oleh nilai taraf signifikan 0.000 < alpha 0,05 dan (Thitung) = 6,371 > Ttabel = 2,36 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uji koefisien determinasi (R square) diperoleh hasil sebesar 0,532, yang mengandung arti bahwa hubungan kompensasi non finansial dengan loyalitas kerja pegawai adalah sebesar 52,3%. Sedangkan sisanya sebesar 47.7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti seperti kepuasan kerja, kepemimpinan dan budaya kerja. Adapun nilai koefisien korelasinya ialah sebesar 0,612 yang masuk pada klasifikasi hubungan positif yang kuat karena berada pada rentang 0,61 – 0,80.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kompensasi Non Finansial; Loyalitas Kerja
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mutiara Sambella
Date Deposited: 25 Jul 2023 05:57
Last Modified: 25 Jul 2023 05:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72141

Actions (login required)

View Item View Item