Bimbingan ibadah shalat untuk meningkatkan fokus dan kedisiplinan anak Tunagrahita : Penelitian di Sekolah Luar Biasa ABC Bina Mandiri Jl. Sukamaju No. 17 Kelurahan Cipadung Kulon Kecamatan Panyileukan Kota Bandung

Shalsabila, Annisa (2023) Bimbingan ibadah shalat untuk meningkatkan fokus dan kedisiplinan anak Tunagrahita : Penelitian di Sekolah Luar Biasa ABC Bina Mandiri Jl. Sukamaju No. 17 Kelurahan Cipadung Kulon Kecamatan Panyileukan Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy

Abstract

SLB ABC Bina Mandiri merupakan sarana pendidikan bagi anak-anak berkebutuhan khusus, kebanyakan siswanya merupakan penyandang tunagrahita, dimana salah satu permasalahan yang dihadapi oleh anak-anak dengan tunagrahita adalah kondisi mereka yang mengalami kesulitan untuk fokus dan berdisiplin karena lemahnya kemampuan intelegensi mereka. Melihat permasalahan tersebut maka dilaksanakan bimbingan ibadah shalat sebagai salah satu upaya untuk membantu meningkatkan fokus dan kedisiplinan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui gambaran kondisi fokus dan kedisiplinan anak tunagrahita di SLB ABC Bina Mandiri, 2) mengetahui pelaksanaan bimbingan ibadah shaat untuk meningkatkan fokus dan kedisiplinan anak tunagrahita di SLB ABC Bina Mandiri, 3) mengetahui hasil dari pelaksanaan bimbingan ibadah shalat untuk meningkatkan fokus dan kedisiplinan anak tunagrahita di SLB ABC Bina Mandiri. Berdasarkan landasan teori bimbingan ibadah shalat yang didefinisikan sebagai upaya pemberian bantuan yang diberikan individu atau kelompok dan dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan dengan tujuan agar mereka mampu melaksanakan ibadah shalat dengan baik dan benar sehingga mereka mampu menyempurnakan kedudukannya sebagai hamba Allah. Metode penelitian yang digunakan yaitu melalui pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang akan menggambarkan atau menganalisis suatu hasil penelitian. Langkah-langkah penelitian yang digunakan yaitu melalui instrumen penelitian observasi dan wawancara, serta data verbatim yaitu berupa foto-foto, rekaman video, rekaman suara, catatan data-data hasil observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan bimbingan ibadah shalat untuk meningkatkan fokus dan kedisiplinan anak tunagrahita di SLB ABC Bina Mandiri dilaksanakan melalui beberapa metode yaitu meliputi metode bimbingan, pengajaran, pembiasaan dan uswatun hasanah. Pelaksanaan bimbingan ibadah shalat di SLB ABC Bina Mandiri memiliki dampak positif terhadap peningkatan fokus dan kedisiplinan anak-anak tunagrahita, hal ini ditandai dengan kemampuan anak-anak tunagrahita untuk tetap fokus saat melaksanakan praktek badah shalat serta senantiasa berdisiplin dalam mengikuti setiap gerakan imam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Shalat; Tunagrahita; Fokus; Kedisiplinan;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Ibadah
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Annisa Shalsabila Rahmat
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:27
Last Modified: 25 Jul 2023 07:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72143

Actions (login required)

View Item View Item