Motif jamaah dalam menggunakan media Whatsapp untuk mengikuti Halaqah Silsilah Ilmiyah Abdullah Roy: Penelitian pada peserta Halaqah Silsilah Ilmiyah Abdullah Roy di Kabupaten Bandung Barat

Pakuan, Muhammad Yusril Bintang (2023) Motif jamaah dalam menggunakan media Whatsapp untuk mengikuti Halaqah Silsilah Ilmiyah Abdullah Roy: Penelitian pada peserta Halaqah Silsilah Ilmiyah Abdullah Roy di Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (610kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi menghadirkan transformasi dalam berbagai aspek kehidupan. Bidang keagamaan menjadi bagian diantara ragam aspek kehidupan yang mengalami transformasi dengan keberadaan dakwah digital. Praktik dakwah digital telah dilakukan oleh Halaqah Silsilah Ilmiyah Abdullah Roy dengan memanfaatkan media whatsapp. Banyak jamaah dari berbagai daerah baik skala nasional maupun mancanegara telah bergabung dengan grup whatsapp Halaqah Silsilah Ilmiyah Abdullah Roy. Salah satu daerah yang termasuk dalam skala nasional tersebut adalah Kabupaten Bandung Barat. Tujuan penelitian ini yaitu : (1) Untuk mengetahui motif informasional jamaah dalam menggunakan media whatsapp untuk mengikuti Halaqah Silsilah Ilmiyah Abdullah Roy; (2) Untuk mengetahui motif edukasional jamaah dalam menggunakan media whatsapp untuk mengikuti Halaqah Silsilah Ilmiyah Abdullah Roy; (3) Untuk mengetahui motif hiburan jamaah dalam menggunakan media whatsapp untuk mengikuti Halaqah Silsilah Ilmiyah Abdullah Roy. Metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi telah digunakan dalam penelitian ini. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Wawancara telah dilakukan kepada beberapa peserta Halaqah Silsilah Ilmiyah Abdullah Roy grup ARN202 di Kabupaten Bandung Barat dengan menggunakan teknik purposive sampling. Observasi telah dilakukan dengan teknik observasi langsung selama proses pembelajaran dalam grup whatsapp ARN202 Halaqah Silsilah Ilmiyah Abdullah Roy. Studi dokumentasi telah dilakukan dengan eksplorasi informasi melalui dokumen terkait dengan grup whatsapp Halaqah Silsilah Ilmiyah Abdullah Roy. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratifications. Teori ini mengasumsikan bahwa khalayak berperan aktif dalam menggunakan dan merespon terhadap konten pada media yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan informasi, pendidikan, dan hiburan. Dan penggunaan media oleh setiap individu diorong oleh motif tertentu. Merujuk pandangan Ashadi Siregar dan Sondang Pasaribu terdapat tiga motif penggunaan media yaitu : (1) Motif informasional; (2) Motif Edukasional; (3) Motif hiburan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) motif informasional jamaah adalah untuk studi Islam dan meningkatkan keyakinan terhadap agama Islam. (2) Motif edukasional jamaah adalah untuk transformasi persepsi; memperbaiki penampilan; membangun ikatan sosial; dan meningkatkan semangat belajar. (3) Motif hiburan jamaah adalah untuk mengisi waktu luang; bahagia dengan lingkungan positif; kepuasan prestasi; dan ketenangan jiwa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Motif; Media; Whatsapp; Halaqah;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Yusril Bintang Pakuan Muhammad
Date Deposited: 26 Jul 2023 03:46
Last Modified: 26 Jul 2023 03:46
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72149

Actions (login required)

View Item View Item