Pemberdayaan kelompok Tani Sumber Mukti melalui pemanfaatan program Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) dan Kartu Tani dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat : Studi penelitian deskriptif di Desa Sumber Sari Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung

Mubarak, Husni (2023) Pemberdayaan kelompok Tani Sumber Mukti melalui pemanfaatan program Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) dan Kartu Tani dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat : Studi penelitian deskriptif di Desa Sumber Sari Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover Husni Mubarak.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak Husni Mubarak.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi Husni Mubarak.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I Husni Mubarak.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II Husni Mubarak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab III Husni Mubarak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV Husni Mubarak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka Husni Mubarak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy

Abstract

Dalam pertanian, seringkali terjadi permasalahan, terutama dalam hasil produksi seperti kegagalan panen akibat hama, kekeringan, dan bencana alam. Hal ini menyebabkan kerugian bagi para petani. Selain itu, permasalahan lainnya meliputi biaya mahal untuk sarana produksi seperti pupuk dan benih padi. Pemerintah memberikan program AUTP dan Kartu Tani kepada Kelompok Tani Sumber Mukti untuk membantu petani yang mengalami gagal panen. Program-program ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani dengan fokus pada perubahan perilaku masyarakat dan peningkatan kualitas hidup. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemberdayaan Kelompok Tani Sumber Mukti melalui pemanfaatan Program Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) dan Kartu Tani dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Implementasi Program AUTP dan Kartu Tani dalam memberdayakan petani. Serta mengetahui hasil dari Program AUTP dan Kartu Tani. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori pemberdayaan dari Edi Suharto bahwa pemberdayaan merupakan serangkaian kegiatan untuk memperkuat kekuasaan atau keberdayaan kelompok lemah dalam masyarakat. Meraih sumber – sumber produktif yang dapat memungkinkan mereka untuk meningkatkan pendapatannya dan memperoleh baranng – barang dan jasa – jasa yang mereka perlukan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kasus, Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi secara mendalam dengan anggota Kelompok Tani Sumber Mukti. Teknik analisis data yang dilakukan dengan cara mereduksi data yang diperoleh serta menyajikan sehingga mendapatkan sebuah kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberdayaan Kelompok Tani Sumber Mukti melalui pemanfaatan Program AUTP dan Kartu Tani telah memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan ekonomi masyarakat. Program AUTP memberikan perlindungan finansial terhadap risiko gagal panen atau kerugian lainnya yang dihadapi oleh kelompok tani. Selain itu, Kartu Tani memberikan akses yang lebih mudah dan cepat terhadap berbagai layanan dan fasilitas pertanian seperti pembiayaan, pupuk, benih, dan alat pertanian. Peneilitian ini bisa disimpulkan bahwa pemberdayaan Kelompok Tani Sumber Mukti melalui pemanfaatan Program AUTP dan Kartu Tani memiliki peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Kelompok Tani; AUTP dan Kartu Tani
Subjects: Administration of Economy > Administration of Agriculture
Ecology > Agricultural Ecology
Farm, Farming > Education, Research, Related Topics of Agriculture
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Husni Mubarak
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:45
Last Modified: 26 Jul 2023 01:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72157

Actions (login required)

View Item View Item