Kualitas hadis para penceramah kultum di Masjid Ikomah Uin Sunan Gunung Djati Bandung : Analisis hadis-hadis dalam kultum periode Agustus s/d September 2022

Fahmi, Riki Muhammad (2023) Kualitas hadis para penceramah kultum di Masjid Ikomah Uin Sunan Gunung Djati Bandung : Analisis hadis-hadis dalam kultum periode Agustus s/d September 2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarIsi.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (942kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas hadis-hadis yang disampaikan oleh penceramah podcast kultum di Masjid Ikomah. Hal ini dilakukan karena dalam program kultum tersebut penceramah tidak menyebutkan hadisnya secara utuh, hanya potongan saja dan tidak mencantumkan sanad-nya dengan lengkap sehingga menimbulkan keraguan terhadap ke-s}ah}i>h}-an hadisnya yang digunakan sebagai hujjah agama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Sehingga data yang terkumpul diklasifikasikan, kemudian di analisis untuk memperoleh rumusan yang baik dan benar melalui pola berpikir deduktif dan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 6 hadis yang diteliti sebanyak 3 hadis memiliki kualitas s}ah}i>h}, 2 hadis berkualitas h}asan dan 1 hadis berkualitas d}a’i>f. Hadis pertama adalah hadis tentang ‘setiap amal tergantung niat’, hadis kedua adalah hadis tentang ‘kewajiban mencari ilmu bagi setiap muslim’, hadis ketiga adalah tentang ‘menjaga hati’, hadis keempat adalah tentang ‘menumbuhkan rasa malu’, hadis kelima adalah ‘4 golongan orang yang diharamkan Allah masuk neraka’, hadis keenam adalah tentang ‘keberkahan dalam sahur’. Dari 6 hadis yang diteliti terdapat 3 hadis s}ah}i>h} yaitu hadis ke-1,4 dan 6 dimana hadis tersebut terdapat riwayat Imam Bukha>ri, dan alasan s}ah}i>h} lainnya adalah seluruh periwayat hadis bersambung, berkualitas ṡiqah (‘adl dan d}abt), tidak syāẓ dan tidak ada ‘illat. Kemudian terdapat hadis yang berkualitas h}asan yaitu hadis ke-2, 3 dan 5. Untuk hadis ke-2 yang pada awalnya merupakan hadis d}a’i>f naik tingkatannya menjadi h}asan karena memiliki jalur lain yang dapat menguatkan hadis tersebut (syahid).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hadis; Kultum; Penceramah; Takhrij.
Subjects: Al-Hadits dan yang Berkaitan > Ilmu Hadits
Al-Hadits dan yang Berkaitan > Dirayah/Ilmu tentang Keotentikan Hadits
Al-Hadits dan yang Berkaitan > Kumpulan Hadits Menurut Derajat Hadits
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Hadits
Depositing User: Riki Muhammad Fahmi
Date Deposited: 25 Jul 2023 00:44
Last Modified: 25 Jul 2023 00:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72161

Actions (login required)

View Item View Item