Kreativitas pemanfaatan limbah ternak puyuh dalam meningkatkan potensi masyarakat: Studi pengembangan Spiritual Capital pada kelompok petugas kebersihan Kelurahan Pasirbiru Kota Bandung

Qolby, N. Rizky Samrotul (2023) Kreativitas pemanfaatan limbah ternak puyuh dalam meningkatkan potensi masyarakat: Studi pengembangan Spiritual Capital pada kelompok petugas kebersihan Kelurahan Pasirbiru Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy

Abstract

Terciptanya lingkungan yang sehat dapat terealisasikan jika masyarakat berkeinginan untuk merubah pola pikir mereka terhadap lingkungan terutama dalam pengelolaan limbah (sampah), namun masyarakat banyak yang belum menyadari akan pentingnya menjaga kebersihan dan cara pengelolaan limbah yang baik, hal ini mengakibatkan timbulnya masalah lingkungan sehingga dibutuhkannya pendekatan partisipatif dalam pengelolaan pemanfaatan limbah yang melibatkan masyarakat di dalamnya, agar tujuan peningkatan potensi masyarakat dapat terlaksana dengan baik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana kepribadian, proses, dampak terhadap lingkungan dan hasil pemanfaatan limbah ternak puyuh yang dilakukan oleh kelompok petugas kebersihan Kelurahan Pasirbiru. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori kreativitas menurut Mel Rhodes yang menyatakan bahwa kreativitas didefinisikan sebagai Person, Process, Press dan Product. 4P ini saling berkaitan, menggabungkan 4 aspek yang dimana pribadi kreatif yang melibatkan diri dalam proses kreatif, dengan dukungan dan dorongan dari lingkungan, menghasilkan produk kreatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa: pemanfaatan limbah ternak puyuh yang dilakukan oleh petugas kebersihan menerapkan nilai-nilai keislaman Islamic Spiritual Capital yang baik. Proses pemanfaatan limbah ternak puyuh menjadi biogas dan pupuk organik melalui beberapa tahap dengan bantuan alat khusus Digester. Dampak dari pemanfaatan limbah ternak puyuh terhadap lingkungan ialah menciptakan penghijauan disetiap pekarangan rumah warga. Hasil dari pemanfaatan limbah ternak puyuh ini meningkatan potensi masyarakat dengan menciptakan masyarakat yang mandiri, menunjang pangan sekaligus meningkatkan ekonomi masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas; Pemanfaatan Limbah; Lingkungan; Potensi Masyarakat
Subjects: Conscious Mental Process and Intelligence > Imagination, Imagery, Creativity
Communities > Structure Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: N. RIZKY SAMROTUL QOLBY
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:51
Last Modified: 26 Jul 2023 01:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72205

Actions (login required)

View Item View Item