Ramdani, Dani (2021) Sejarah Madrasah Ibtidaiah Negeri pertama di Kabupaten Garut (Mi Negeri 1 Garut) tahun 1920-2015. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (Cover)
1_Cover.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
2_Abstrak.pdf Download (518kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Isi)
3_Daftar Isi.pdf Download (609kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (692kB) | Request a copy |
||
Text (BAB II)
5_Bab ii.pdf Restricted to Registered users only Download (622kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) | Request a copy |
||
Text (Daftar Pustaka)
8_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) | Request a copy |
Abstract
Dani Ramdani. Sejarah Madrasah Ibtidaiah Negeri Pertama di Kabupaten Garut (MIN 1 Garut) 1920 – 2015. Sejarah Madrasah Ibtidaiah dalam dunia pendidikan telah diatur dalam kebijakan UU dengan waktu tempuh selama 6 tahun dibawah Kementrian Agama Republik Indonesia. Menindaklanjuti hal tersebut, Madrasah merupakan suatu lembaga pendidikan dengan perjalanan yang cukup panjang berbasis agama yang bersifat mencerdaskan generasi penerus bangsa dengan memadukan pendidikan sekolah dan pesantren mendukung kebijakan tersebut. Kemudian terlahirnya Madrasah Ibtidaiah Negeri 1 Garut yang mendapat respon positif dari masyarakat sekitar Madrasah. Dari perjalanan tersebut melahirkan beberapa rumusan masalah sebagai berikut: Pertama, bagaimana sejarah berdirinya MI Negeri 1 Garut ? Kedua, bagaimana perjalanan Madrasah Ibtidaiah dari tahun 1920 – 2015 ? Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejarah berdirinya Madrasah Ibtidaiah Negeri Pertama di Kabupaten Garut (MIN 1 Garut) dan perjalanannya dari tahun 1920 – 2015. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode penelitian sejarah yang didalamnya memuat empat langkah yaitu heuristik (pengumpulan sumber), keritik (mengolah dan menganalisis sumber), interpretasi (menafsirkan data), dan historiogarfi (menyusun rangkain sejarah). Bertumpu pada hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulka bahwa: Pertama, Madarasah Ibtidaiah Negeri 1 Garut didirikan oleh KH. Aef Sadili pada tahun 1950 (Madrasah Tarbiyatusibyan) selaku anak dari KH. Ismail, selaku pendiri pondok pesantren Al-Hidayah Karoya dengan tujuan mewadahi anak – anak yang ingin belajar secara formal dan diakui oleh pemerintah. Kedua,perjalanan MIN 1 Garut mengalami beberapa fase perubahan dimuali dari 1920 sebagai fase awal berdirinya Pesantern Al – Hiadayah Karoya, kemudian berdirinya Madrasah Tarbiayatusibyan 1950 – 1961), fase yang ketiga 1961 – 1991 berubah nama Menjadi Madrasah Ibtidaiah Al-Hidayah, fase yang ke empat 1991 – 2015 namanya menjadia Madrasah Ibtidaiah Negeri 1 Ciabatu dan pada tahun 2015 menjadi Madarah Ibtidaiah Negeri Pertama di Kab. Garut (MIN 1 Garut). Kata Kunci: Perjalanan, Madrasah, MIN.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Madrasah; Perjalanan; MIN |
Subjects: | Education and Research of History |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam |
Depositing User: | Mr Dani Haris |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 03:33 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 03:33 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72264 |
Actions (login required)
View Item |