Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Asset (ROA) pada Perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi pada PT. Garuda Indonesia Tbk. Periode 2012-2021

Maulidina, Melisa Rizqi (2023) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Asset (ROA) pada Perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi pada PT. Garuda Indonesia Tbk. Periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)

Abstract

Berinvestasi pada umumnya mengharapkan keuntungan yang maksimal dengan risiko yang minimal. Dengan demikian para investor memerlukan informasi-informasi yang relevan. Salah satu rasio yang dapat digunakan untuk mengukur suatu perusahaan dalam menghasilkan keuntungan ialah Return On Asset (ROA). Keuntungan yang didapat oleh perusahaan bisa diketahui dengan alat pengukuran analisis laporan keuangan seperti Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Current Ratio (CR) secara parsial terhadap Return On Asset (ROA); mengetahui pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) secara parsial terhadap Return On Asset (ROA); mengetahui pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) secara simultan terhadap Return On Asset (ROA) pada PT. Garuda Indonesia Tbk. Kerangka pemikiran pada penelitian ini yaitu Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh negatif terhadap Return On Asset (ROA), sebab apabila keduanya dalam perusahaan mengalami kenaikan maka dapat menurunkan tingkat Return On Asset (ROA) yang diperoleh, begitupun sebaliknya, apabila keduanya mengalami penurunan maka ROA akan mengalami kenaikan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pendekatan kuantitatif Data yang digunakan yaitu data yang didapat dari laporan keuangan yang dipublikasi PT. Garuda Indonesia Tbk periode 2012-2021. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis deskriftif, analisis uji asumsi klasik (Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Uji Heteroskadasitas, Uji autokorelasi),analisis uji asosiatif ( analisis regresi linier, analisis koefisiensi determinasi) analisis uji hipotesis (uji signifikansi parsial (uji T), uji signifikansi simultan (uji F). Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Current Ratio (CR) berpengaruh signifikan terhadap Return on Asset (ROA) dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,039 merupakan refutationt dari penelitian sebelumnya. Secara parsial Debt to Equityt Ratio (DER) tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA) dengan nilai koefisien regresi sebesar (-0,054) merupakan Improvement penelitian sebelumnya . Dan secara simultan Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROE) dengan nilai koefisien R Square (R2) sebesar 0,671 atau 67,1%, sedangkan lebihnya sebesar 32,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti, Novelty hasil penelitian ini improvement dan refutation atas penelitian sebelumnya dan sesuai dengan konsep Qardh, Ariyah dan Mudharobah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio; Debt to Equity Ratio; Return On Asset
Subjects: Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Melisa Rizqi Maulidina
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:22
Last Modified: 25 Jul 2023 07:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72266

Actions (login required)

View Item View Item