Pengaruh Financing to Deposito Ratio (FDR) dan Net Operating Margin (NOM) terhadap Return On Equity (ROE) pada PT. Bank Victoria Syariah Tbk. periode 2018-2021 : Study di PT. Bank Victoria Syariah periode 2018-2021

Alfani, Irna (2023) Pengaruh Financing to Deposito Ratio (FDR) dan Net Operating Margin (NOM) terhadap Return On Equity (ROE) pada PT. Bank Victoria Syariah Tbk. periode 2018-2021 : Study di PT. Bank Victoria Syariah periode 2018-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak (1).pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan dari berbagai jenis kegiatan usaha apapun selalu mengharapkan bagaimana untuk dapat menghasilkan keuntungan yang optimal, begitu juga dengan lembaga keuangan syariah. Untuk menilai kesehatan suatu bank bisa dilihat dari laporan keuangannya dengan dihitung rasio keuangannya. Return On Equity (ROE) meruapakan rasio yang mengukur kemampuan manajemen bank dalam mengelola capital yang ada untuk mendapatkan Net Income. Indikator yang dapat mempengaruhinya antaranya FDR dan NOM, FDR mengukur tingkat penyaluran dana di sisi lending dengan menggunakan dana yang dihimpun di sisi funding. NOM menunjukan kemampuan manajemen bank dalam pengelolaan aktiva produktif. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) secara persial terhadap Return On Equity (ROE), menganalisis pengaruh Net Operating Margin (NOM) secara persial terhadap Return On Equity (ROE), dan menganalisis Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Net Operating Margin (NOM) secara simultan terhadap Return On Equity (ROE) dalam website resmi PT. Bank Victoria Syariah Tahun 2018-2021. Kerangka berpikir yang di gunakan didalam penelitian ini merujuk pada beberapa pendapat para ahli dan hasil penelitian terdahulu yang menyatakan bahwa naik turunnya Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Net Operating Margin (NOM) berpengaruh terhadap Return On Equity (ROE), dianalisis dengan menggunakan Analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji asosiatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder runtun waktu (time series) yang diperoleh dari annual report PT Bank Victoria Syariah 2018-2021. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan uji asumsi klasik, analisis deskriptif serta analisis asosiatif. Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for Windows Version 26 dan Microsoft Excel 2016 sebagai penunjang pengolahan data awal. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa: (1) Financing to Deposit Ratio (FDR) secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Return On Equity (ROE) dengan hasil uji hipotesis t_hitung > t_tabel (-2,828 > -2,145), maka H_O ditolak dan H_a diterima; (2) Net Operating Margin (NOM) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return On Equity (ROE) dengan hasil uji hipotesis nilai t_hitung > t_tabel (6,091 > 2,145), maka H_O ditolak dan H_a diterima; (3) Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Net Operating Margin (NOM) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return On Equity (ROE) dengan hasil uji hipotesis f_(hitung )< f_tabel (17.237 > 3,98) maka H_O ditolak dan H_a diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Return On Equity (ROE); Financing to Deposit Ratio (FDR); Net Operating Margin (NOM)
Subjects: Financial Economics, Finance
General Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Alfani Irna
Date Deposited: 25 Jul 2023 09:02
Last Modified: 25 Jul 2023 09:02
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72273

Actions (login required)

View Item View Item