Peran perencanaan masjid di daerah wisata dalam mewujudkan visi pembangunan Kabupaten Pangandaran : Studi deskriptif di Masjid Al-Istiqomah Pangandaran

Mustika, Santika Pebrianti (2023) Peran perencanaan masjid di daerah wisata dalam mewujudkan visi pembangunan Kabupaten Pangandaran : Studi deskriptif di Masjid Al-Istiqomah Pangandaran. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy

Abstract

Masjid merupakan tempat ibadah yang penting untuk kemaslahatan umat, sehingga perlu peran perencanaan yang baik dalam memakmurkan masjid khususnya di daerah wisata dan menjadikan masjid sebagai instrumen yang dapat membantu dalam mewujudkan cita-cita yang terdapat dalam visi pembangunan Kabupaten Pangandaran yang berpijak pada nilai karakter bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perencanaan, langkah-langkah, dan kendala yang dihadapi perencanaan masjid di daerah wisata dan solusi dalam mewujudkan visi pembangunan Kabupaten Pangandaran. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori dari Melville Branch C (1983) yang mendefinisikan Peireincanaan adalah proseis aktivitas yang beirkeilanjuitan dan meiruimuiskan apa yang dapat dilakuikan dan diinginkan uintuik masa deipan, seirta bagaimana meincapainya Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi langsung ke tempat penelitian, wawancara dengan informan terkait dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Proses perencanaan di masjid Besar Al-Istiqomah dalam mewujudkan visi pembangunan Kabupaten Pangandaran berjalan dengan cukup baik. Dilihat DKM membagi perencanaanya kedalam tiga bagian, yaitu perencanaan jangka pendek meliputi kegiatan harian atau mingguan, perencanaan jangka menengah meliputi kegiatan bulanan, dan perencanaan jangka panjang meliputi kegiatan tahunan. Adanya kegiatan-kegiatan tersebut sangat berpengaruh dalam membentuk masyarakat serta generasi muda yang berkarakter bangsa yang tertuang pada visi pembangunan Kabupaten Pangandaran. 2) langkah-langkah perencanaan yang didalamnya meliputi menyusun program kerja, menyerap aspirasi dari jamaah, menetapkan program kerja, dan melakukan evaluasi kegiatan. 3) kendala-kendala yang yang dihadapi pengurus DKM antara lain, pengurus sibuk dengan urusan pekerjaannya masing-masing, minimnya kemampuan dari para pengurus dalam menguasai ilmu manajemen, diperlukan kemampuan pengurus yang handal dalam me-manage masjid dan kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan fasilitas masjid. Adapun solusi yang dapat dilakukan dalam mengatasi kendala-kendala tersebut antara lain, mengadakan penataran manajemen waktu, melakukan studi banding dengan masjid yang sudah memiliki kemampuan manajerial yang baik, membuat media informasi dan peringatan berupa poster, mendigitalisasi program kerja masjid yang memungkinkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan; Masjid; Visi Pembangunan
Subjects: General Management
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Santika Pebrianti Mustika
Date Deposited: 26 Jul 2023 03:38
Last Modified: 26 Jul 2023 03:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72274

Actions (login required)

View Item View Item