Pengaruh Inventory Turnover dan Debt to Equity Ratio terhadap Gross Profit Margin pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Vale Indonesia Tbk. periode 2012-2021

Puadi, Hikni Ridwan (2023) Pengaruh Inventory Turnover dan Debt to Equity Ratio terhadap Gross Profit Margin pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Vale Indonesia Tbk. periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover-1.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (384kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (947kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (987kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi seberapa kaitannya antara variabel Inventory Turnover (ITO) dan Debt to Equity Ratio (DER) dengan Gross Profit Margin (GPM) saling berhubungan. Dikarenakan adanya ketidaksesuaian antara teori dan dengan data sekunder yang di peroleh dari laporan keuangan PT. Vale Indonesia Tbk. Tujuan penelitian ini untuk melihat bagaimana pengaruh persial diantara Inventory Turnover (ITO) terhadap Gross Profit Margin (GPM) dan juga Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Gross Profit Margin (GPM). Serta bagaimana pengaruh secara simultan antara Inventory Turnover (ITO) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Gross Profit Margin (GPM) PT. Vale Indonesia Tbk. Kerangka berpikir pada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Inventory Turnover (ITO) sebagai X1 berpengaruh secara persial terhadap Gross Profit Margin (GPM) dan bagaimana Debt to Equity Ratio (DER) sebagai X2 berpengaruh secara persial terhadap Gross Profit Margin (GPM) serta bagaimana Inventory Turnover (ITO) dan Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh secara simultan terhadap Gross Profit Margin (GPM). Metode yang digunakan oleh penulis memakai metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data sekunder dari laporan keuangan PT. Vale Indonesia Tbk. Adapun menggunakan hitungan statistika yang dimulai dari menguji asumsi klasik, analisis deskriptif, linear berganda, korelasi, koefisien determinasi juga hipotesis uji t / uji f. Aplikasi SPSS for windows Versi 29.0 juga turut membantu dalam pengelolaan data. Hasil dari penelitian ini memperoleh uji t persial pada variabel Inventory Turnover (ITO) terbukti tidak berpengaruh signifikan terhadap Gross Profit Margin (GPM) dengan nilai t_hitung serta t_tabel yakni (-0,840 < 2.306), hal ini terjadi ketidaksesuaian antara teori penelitian dengan teori Ihtikar dari Manajemen Keuangan Syariah. Pada variabel Debt to Equity Ratio (DER) mendapatkan uji t persial t_hitung serta t_tabel yakni (0.592 < 2.306), yang berarti berpengaruh tidak signifikan terhadap Gross Profit Margin (GPM), hal ini terjadi ketidaksesuaian antara teori penelitian dengan teori akad Qord dari Manajemen Keuangan Syariah. Sedangkan uji f simultan mendapatkan F_hitung serta F_tabel yakni 0.366 < 4,74 sehingga Ho di terima dan Ha di tolak, maka Inventory Turnover (ITO) dan Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh tidak signifikan terhadap Gross Profit Margin (GPM), hal ini juga terjadi ketidaksesuaian antara teori penelitian dengan teori Murabahah dari Manajemen Keuangan Syariah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Inventory Turnover (ITO); Debt to Equity Ratio (DER); Gross Profit Margin (GPM)
Subjects: Accounting
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Hikni Ridwan Puadi
Date Deposited: 27 Jul 2023 05:43
Last Modified: 27 Jul 2023 05:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72286

Actions (login required)

View Item View Item