Pemberdayaan masyarakat melalui program Infaq Kencleng : Penelitian pada lingkungan Masjid Nurul Ulum Desa Margasari Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang

Setiyadi, Wafi Ammalul (2023) Pemberdayaan masyarakat melalui program Infaq Kencleng : Penelitian pada lingkungan Masjid Nurul Ulum Desa Margasari Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya pandemi Covid-19, yang mengakibatkan banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaannya, sehingga masyarakat banyak yang sulit dalam memenuhi kebutuhan keluarga, dan menurunnya tingkat produktivitas di masyarakat. Dari permasalahan tersebut masyarakat membentuk pemberdayaan masyarakat infaq kotak celengan, untuk membentuk masyarakat yang mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemberdayaan program infaq kencleng dalam meningkatkan partisipasi masyarakat, sistem tata kelola program infaq kencleng dapat berjalan dengan baik, dan untuk mengetahui perubahan sosial dan perubahan ekonomi masyarakat setelah adanya program infaq kencleng. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Partisipasi Sosial dari Bornby, menyatakan bahwa dalam masyarakat peran individu sebagai makhluk sosial yang tidak dapat melepaskan diri dari keadaan sekelilingnya. Partisipasi sosial tumbuh karena adanya proses hubungan antara masyarakat dengan sistem kekuasaan dalam proses pembangunan yang berkorelasi dan menguntungkan kedua belah pihak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga teknik yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer, dan sumber data sekunder, kemudian data yang sudah dikumpulkan dianalisis melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, display data, verifikasi dan penarikan kesimpulan Hasil Penelitian ini yaitu strategi pemberdayaan dalam program tausiah rutin, kegiatan bazzar, tour bersama, santunan anak yatim, kelompok sepeda dapat meningkatkan partisipasi masyarakat, sistem tata kelola pemberdayaan bekerjasam dengan dua lembaga masjid yang setiap lembaganya memiliki wewenang untuk mengatur setiap program pemberdayaan sehingga pemberdayaan berjalan secara efektif, perubahan ekonomi sosial setelah adanya pemberdayaan yaitu peningkatan produktivitas dalam masyarakat, membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan keluarga dan meningkatkan solidaritas masyarakat sekitar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Infaq; Kesejahteraan
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Social Welfare, Problems and Services > Historical, Geographic, Person Treatment of Social Welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Wafi Wafi Ammalul Setiyadi
Date Deposited: 26 Jul 2023 04:43
Last Modified: 26 Jul 2023 04:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72298

Actions (login required)

View Item View Item