Pembingkaian media dalam pemberitaan Omnibus Law : Analisis Framing pemberitaan Omnibus Law (UU Ciptakerja) di Media Online Tirto.id edisi tanggal 5, 8, 16 Oktober 2020

Meilani, Dian (2023) Pembingkaian media dalam pemberitaan Omnibus Law : Analisis Framing pemberitaan Omnibus Law (UU Ciptakerja) di Media Online Tirto.id edisi tanggal 5, 8, 16 Oktober 2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER SKRIPSI.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (403kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)

Abstract

Pengesahan UU Ciptakerja membuat kontroversi di berbagai kalangan sampai pada akhirnya demo pun tidak dapat dihindari. Karena dinilai sangat tidak adil bagi para kaum buruh dan hanya menguntungkan sebelah pihak. Bukan hanya itu, saat kejadian berlangsung pandemi Covid-19 masih menjadi permasalahan yang serius yang mengharuskan masyarakat untuk menaati kebijakan seperti social distancing, physical distancing dan himbauan untuk di rumah saja. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana struktur sintaksis, skrip, tematik dan retoris pada pemberitaan Tirto.id mengenai Omnibus Law pada periode 5, 8, 16 Oktober 2020. Untuk bisa memahami konteks sosial secara mendalam, Teori yang digunakan peneliti ialah teori pembingkaian. Asumsi dasar dari teori ini adalah dalam pelaporan berita, isu memiliki ciri bagaimana dipahami dan dipahami khalayak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis framing model Pan dan Kosicki. Analisis framing Zhongdan Pan dan Gerald M, Kosicki dengan meneliti empat dimensi struktur yaitu sintaksis, skrip, tematik, dan retoris. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa pemberitaan Omnibus law yang di publikasikan oleh Tirto.id berisikan pembahasan mengenai dampak pengesahan UU Ciptakerja yang dipandang buruk dari masyarakat sehingga terjadi aksi unjuk rasa. Dari pemberitaan yang disampaikan selalu terdapat beberapa unsur yang mengindikasikan unjuk rasa. Penyebab unjuk rasa dijelaskan karena masyarakat yang tidak setuju karena peraturan dinilai merugikan buruh dan meminta pemerintah untuk membatalkan pengesahan Omnibus Law. Lalu unjuk rasa terjadi dengan memaparkan tuntutan dan kritik dari para pengunjuk rasa, perlawanan pengunjuk rasa dengan aparat keamanan, dan kritik para ahli mengenai Omnibus Law. Unjuk rasa yang sudah berlangsung selama kurang lebih satu minggu berdampak pada banyaknya jumlah korban luka, pengalihan transportasi dan rusaknya fasilitas umum. Dan akhirnya kericuhan unjuk rasa dapat diredam dengan pemerintah yang turun tangan langsung untuk mendengarkan aspirasi pengunjuk rasa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Framing Pan dan Kosicki; Media Online; Omnibus Law; Pembingkaian; Tirto.Id;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Dian Meilani
Date Deposited: 31 Jul 2023 03:31
Last Modified: 31 Jul 2023 03:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72329

Actions (login required)

View Item View Item