Pembentukan solidaritas organik mahasiswa dalam mendorong prestasi akademik : Penelitian di PMII Rayon FISIP Komisariat UIN Sunan Gunung Djati Cabang Kota Bandung

Anugrah, Reksa (2023) Pembentukan solidaritas organik mahasiswa dalam mendorong prestasi akademik : Penelitian di PMII Rayon FISIP Komisariat UIN Sunan Gunung Djati Cabang Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (596kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya pola pembelajaran di UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang berubah-ubah di dua tahun terakhir disebabkan adanya COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi akademik anggota PMII Rayon FISIP. Lalu bentuk solidaritas organik PMII Rayon FISIP. Berikutnya juga bentuk solidaritas organik PMII Rayon FISIP dalam mendorongprestasi akademik.Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada Teori Solidaritas Sosial dari Tokoh Emile Durkheim. Solidaritas sosial terbagi menjadi dua yaitu solidaritas mekanik dan solidaritas organik. Solidaritas mekanik dicirikan dengan adanya hukum represif, sedangkan solidaritas organik dicirikan dengan adanya hukum restitutif. Teori ini bertujuan untuk bisa menganalisis dan melihat bentuk solidaritas sosial fenomena masyarakat primitif yang homogen dan masyarakat modern yang heterogen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk memberikan gambaran secara menyeluruh mengenai Pergerakan Mahasiswa Sebagai Bentuk Solidaritas Organik Dalam Mencapai Prestasi Akademik di PMII Rayon FISIP Komisariat UIN Sunan Gunung Djati Cabang Kota Bandung. Ada 2 sumber data dalam penelitian ini, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diawali dengan observasi terhadap fenomena yang terjadi dan wawancara pengurus PMII Rayon FISIP Komisariat UIN Sunan Gunung Djati Cabang Kota Bandung. Sumber data sekunder media sosial Instagram PMII Rayon FISIP Komisariat UIN Sunan Gunung Djati Cabang Kota Bandung dan buku-buku ke PMII-an. Penelitian ini menggunakan 3 Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sedangkan pada Teknik Analisis Data yang digunakan dalam penelitian yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu prestasi akademik anggota PMII Rayon FISIP Komisariat UIN Sunan Gunung Djati cabang Kota Bandung cukup bagus dalam setiap kondisi yang ada walaupun banyak perubahan metode belajar akibat adanya pandemi. Bentuk solidaritas organik yang ada di PMII Rayon FISIP diformulasikan dalam sebuah program kerja untuk mencapai pribadi ulul albab. Bentuk solidaritas organik dalam mendorong prestrasi akademik merupakan hasil dari sebuah program kerja yang diformulasikan sesuai kebutuhan para anggota dan ditetapkan pada saat Rapat Kerja oleh para pengurus yang telah mengimplementasikan solidaritas organik dalam tubuh organisasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Akademik; Solidaritas Organik; PMII
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Education
Education > Sociology of Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Reksa Anugrah
Date Deposited: 26 Jul 2023 04:53
Last Modified: 26 Jul 2023 04:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72330

Actions (login required)

View Item View Item