Penggunaan media pembelajaran Pohon Literasi dalam meningkatkan minat baca peserta didik : Penelitian tindakan kelas di kelas IV SDTQ Al-Mukhtariyah

Zahra, Laila (2023) Penggunaan media pembelajaran Pohon Literasi dalam meningkatkan minat baca peserta didik : Penelitian tindakan kelas di kelas IV SDTQ Al-Mukhtariyah. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak (1).pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi (1).pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan yang terdapat pada minat membaca kelas IV SDTQ Al-Mukhtariyah. Karena menurut hasil wawancara dengan guru kelas, 9 dari 17 peserta didik (58%) kelas IV SDTQ Al-Mukhtariyah memiliki kemampuan minat baca yang rendah bahkan 3 diantaranya masih sulit membedakan huruf alphabet disamping itu guru juga jarang menggunakan media pembelajaran hadware dalam aktivitas belajarnya, minimnya fasilitas sekolah serta bahan ajar juga menjadi faktor pendukung rendahnya minat baca di sekolah ini. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Minat baca peserta didik kelas IV SDTQ Al-Mukhtariyah. 2) Proses penggunaan media pembelajaran pohon literasi dalam meningkatkan minat baca peserta didik pada kelas IV SDTQ Al-Mukhtariyah pada setiap siklusnya. 3) Hasil minat baca peserta didik kelas IV SDTQ Al-Mukhtariyah setelah diberikan media pembelajaran pohon literasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Minat baca peserta didik kelas IV SDTQ Al-Mukhtariyah. 2) Proses penggunaan media pembelajaran pohon literasi dalam meningkatkan minat baca peserta didik pada kelas IV SDTQ Al-Mukhtariyah pada setiap siklusnya. 3) Hasil minat baca peserta didik kelas IV SDTQ Al-Mukhtariyah setelah diberikan media pembelajaran pohon literasi. Hipotesis dalam penelitiaan ini penggunaan media pembelajaran pohon literasi diduga dapat meningkatkan minat baca peserta didik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur penelitian ini dilakukan dengan empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Target yang ditentukan untuk mencapai keberhasilan adalah 75%. Hasil penelitian diperoleh: 1) Minat membaca peserta didik pada pra siklus atau sebelum diberikan tindakan menggunakan media pohon literasi memperoleh skor 23 dengan kategori cukup berminat. 2) Hasil observasi aktivitas siswa yang dilakukan pada siklus I yaitu 63% dan mengalami peningkatan sebesar 22% pada siklus II yaitu mencapai 85%. Sedangkan untuk observasi aktivitas guru juga mengalami peningkatan sebesar 25% dimana pada siklus I yaitu 61% dan pada siklus 2 yaitu 86%. 3) Hasil angket minat baca pada siklus I berada pada kategori cukup berminat dengan skor 27. Pada siklus II mengalami peningkatkan dengan skor 35 dan berada pada kategori berminat. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran pohon literasi dapat meningkatkan minat baca siswa kelas IV SDTQ Al-Mukhtariyah tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Pohon Literasi; Minat Baca
Subjects: Use of Other Information Media
Use of Other Information Media > Reading Interest and Habits
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Laila Zahra
Date Deposited: 26 Jul 2023 02:29
Last Modified: 26 Jul 2023 02:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72335

Actions (login required)

View Item View Item