Nilai-nilai pendidikan agama islam dalam keluarga pada film sabtu bersama bapak karya Monty Tiwa

Kurnia, Nia (2022) Nilai-nilai pendidikan agama islam dalam keluarga pada film sabtu bersama bapak karya Monty Tiwa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK .pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
DAFTAR ISI.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (309kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan agama Islam merupakan Pendidikan yang wajib bagi setiap umat islam untuk mempelajarinya. Salah satunya yaitu Pendidikan agama islam dalam keluarga. bagi Orang tua sudah seharusnya memahami serta mempelajari Pendidikan agama islam dalam keluarga karena itu sangat penting untuk menciptakan keluarga yang Sakinah mawaddah warohmah. Penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah nilai-nilai Pendidikan agama Islam dalam keluarga pada film Sabtu Bersama Bapak Karya Monty Tiwa. Latar belakang dari penelitian ini adalah bagaiaman peranan seorang ayah dan ibu dalam proses Pendidikan karena Pendidikan yang pertama dan paling utama yaitu dari keluarga. oleh karena itu kedua Orang tua menjadi seorang pendidik dimana tugas seorang pendidik adalah membimbing, mengarahkan, merawat, melindungi dan menjaga anak yang belum sempurna perkembangannya agar tumbuh dengan baik dan sehat. Serta mengawasi perkembangan pertumbuhan pendidikan karakter perilakunya. Tanggung jawab yang dipikul Orang tua sangat banyak sekali fenomena Orang tua yang tidak menjalankan hak serta kewajiban kepada anaknya, dan banyak sekali fenomena kenalakan remaja yang menyebabkan dirinya masuk dalam dunia kriminalitas. Maka dari itu Orang tua perlu menanamkan nilai-nilai Pendidikan agama Islam dalam keluarga. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, mengenai nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam keluarga yang terdapat dalam film “Sabtu Bersama Bapak” yaitu: pertama Nilai pendidikan Religius. Selain Nilai Pendidikan Agama Islam terdapat beberapa nilai yaitu:Kedua Nilai Pendidikan Sosial, ketiga Nilai Pendidikan Moral, keempat Nilai Pendidikan Budaya.Peran Orang tua baik ayah dan ibu itu salah satunya: Pertama Bertanggung jawab,Kedua Pemberian Nasehat,Ketiga Menjadi Seorang Pendidik. Sedangkan Model Pendidikan agama Islam dalam keluarga yang terdapat di dalam film tersebut yaitu menggunakan Model Pengembangan Karakter yang dimana terdapat nilai-nilai karakter yaitu: Pertama Disiplin, Kedua Pantang Menyerah, Ketiga Gotong Royong.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai; Pendidikan agama Islam dalam keluarga; Film Sabtu Bersama Bapak karya Monty Tiwa; Peran Orang tua;
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Public Performances > Film Reviews
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nia Kurnia
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:22
Last Modified: 26 Jul 2023 01:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72336

Actions (login required)

View Item View Item