Sikap siswa perempuan terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam hubungannya dengan motivasi memakai Jilbab : Penelitian terhadap siswa perempuan SMP Negeri 4 Talaga

Fauzia, Dina Salwa (2023) Sikap siswa perempuan terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam hubungannya dengan motivasi memakai Jilbab : Penelitian terhadap siswa perempuan SMP Negeri 4 Talaga. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi siswa dalam memakai jilbab di SMPM 4 Talaga. adapun yang menjadi faktor penyebab belum optimalnya siswa dalam pemakaian jilbab terbagi menjadi dua yaitu faktor internal dan eksternal. Seperti maraknya perkembangan tren fashion terbaru yang membuat penasaran, yang pada akhirnya mereka hanya ingin mengikuti tren bukan karena ingin mengikuti syariat Islam. Maka dari itu penulis ingin lebih spesifik meneliti tentang Sikap Siswa Perempuan Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Hubungannya Dengan Motivasi Memakai Jilbab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Mengetahui sikap siswa perempuan terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Talaga, (2) Mengetahui motivasi memakai jilbab di SMP Negeri 4 Talaga, (3) Mengetahui sikap siswa perempuan terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam hubungannya dengan motivasi memakai jilbab di SMP Negeri 4 Talaga. Penelitian ini bersifat deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan jenis penelitian korelasional. Metode ini digunakan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel dengan cara membandingkan hasil pengukuran kedua variabel tersebut. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, pengujian statistic menunjukkan bahwa: 1) Sikap siswa perempuan terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam menghasilkan rata-rata sebesar 4,05, yang berada pada interval 3,40 – 4,19 dan termasuk ke dalam kategori baik. 2) Motivasi memakai jilbab menghasilkan rata-rata sebesar 4,27, yang berada pada interval 4,20 – 5,00 dan termasuk ke dalam kategori sangat tinggi. 3) hubungan antara sikap siswa perempuan terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam (variabel x) dengan motivasi memakai jilbab (variabel y) memiliki nilai signifikansi 0,000 > 0,05. Kemudian diperoleh hasil korelasi pada kategori sedang dengan nilai korelasi sebesar 0,494 yang termasuk pada interval 0,41 – 0,60. Hipotesisnya diterima, semakin positif siswa perempuan terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam maka akan semakin tinggi pula motivasi memakai jilbabnya. Hal ini berdasar pada pengujian hipotesis yaitu t hitung > t tabel (3,937 > 1,677). Dan derajat pengaruh variabel X terhadap variabel Y yaitu sebesar 24,4%. Hasil ini menunjukkan bahwa masih terdapat 75,6% yang dapat dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sikap; Pendidikan Agama Islam; Motivasi
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dina Salwa Fauzia
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:57
Last Modified: 26 Jul 2023 01:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72338

Actions (login required)

View Item View Item