Strategi pemberdayaan wisata Karang Jati dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat : Penelitian deskriptif di Desa Dukuh Jeruk Kecamatan Karanganpel Kabupaten Indramayu

Kasanah, Inayatul (2023) Strategi pemberdayaan wisata Karang Jati dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat : Penelitian deskriptif di Desa Dukuh Jeruk Kecamatan Karanganpel Kabupaten Indramayu. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (350kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy

Abstract

Industri pariwisata memiliki memiliki peranan penting dalam hal pembangunan negara. selain itu, pariwisata juga mempunyai pengaruh terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Pemerintah Daerah. kabupaten indramayu merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang memiliki aneka ragam tempat wisata. salah satu objek wisata yang digunakan adalah Wisata Karang Jati. Wisata karang jati memiliki potensi yang perlu dikembangkan. maka dari itu, diperlukan strategi untuk mengembangkan wisata karang jati agar dapat berkembang dan meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan wisata karang jati, pengembangan wisata karang jati dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta untuk mengetahui hasil pemberdayaan wisata karang jati dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Dukuh Jeruh Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu. Landasan teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori pemberdayaan dari Djohani. Pada teori ini dijelaskan mengenai pengertian pemberdayaan merupakan proses untuk memberikan perubahan atau power kepada pihak yang lemah dan berlaku adil bagi siapapun yang mempunyai kekuasaan. Penelitian ini menggunakan metode studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif. penggunaan metode ini bertujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan secara rinci mengenai objek yang diteliti. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melalui cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan melalui tiga tahap, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa pengelolaan wisata karang jati ini dikelola oleh pemuda karang taruna dan masyarakat setempat. Adapun pengembangan wisata karang jati dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat yaitu dengan memanfaatkan media sosial, dan kualitas sumber daya manusia. hasil pemberdayaan wisata karang jati dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat adalah meningkatkan pendapatan masyarakat, meningkatkan keterampilan masyarakat dan membuka lapangan pekerjaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: strategi; pemberdayaan; wisata; kesejahteraan masyarakat
Subjects: Relationship of Libraries > Relationship with the Community
Sociology and Anthropology, Society
Social Welfare, Problems and Services
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Kasanah Inayatul
Date Deposited: 26 Jul 2023 02:26
Last Modified: 26 Jul 2023 02:26
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72356

Actions (login required)

View Item View Item