Penerapan Lembar Kerja Berbasis Proyek pada pembuatan Hand Sanitizer dari VCO untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi

Hanifah, Hilda (2023) Penerapan Lembar Kerja Berbasis Proyek pada pembuatan Hand Sanitizer dari VCO untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (266kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy

Abstract

Pasca covid 19, tentunya menjaga kebersihan adalah hal yang wajib. Salah satunya dengan menggunakan antiseptik seperti hand sanitizer. Pembuatan produk ini dapat dietapkan pada pembelajaran siswa dengan berbasis proyek dan juga dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan LK berbasis proyek, menganalisis keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa setelah penerapan Lk berbasis proyek dan menganalisis efektivitas hand sanitizer dari VCO. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperiment dengan desain one shot case study. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Tamansiswa Rancaekek kelas X MIPA semester dua. Instrumen yang digunakan yaitu deskripsi pembelajaran, LK, dan soal kemampuan berpikir tingkat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan siswa dalam menyelesaikan LK berbasis proyek yaitu 88,34 dengan kategori sangat baik. Nilai rata-rata tertinggi yang dicapai yaitu pada tahap 2 mendesain proyek dengan nilai 100 dan kategori sangat baik. Nilai rata-rata terrendah pada tahap 3 melaksanakan penelitian dengan nilai 70,73 dan kategori baik. Hasil kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa didapat nilai rata-rata 80 dengan kategori sangat baik. Kemudian efektivitas hand sanitizer dari VCO yang digunakan memiliki hasil uji TPC (Total Plate Count) dengan hasil 0 dan efektif dengan menggunakan kadar alkohol 96%. Dengan demikian penerapan LK berbasis proyek pada pembuatan hand sanitizer dari VCO dapat mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siswa dan hand sanitizer yang digunakan sudah baik dan efektif untuk dipakai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi; Lembar Kerja Berbasis Proyek; Pembuatan Hand Sanitizer; VCO (Virgin Coconut Oil)
Subjects: Organic Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Hilda Hanifah
Date Deposited: 26 Jul 2023 04:19
Last Modified: 26 Jul 2023 04:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72366

Actions (login required)

View Item View Item